Thursday, 22 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Teknologi

Ilmuwan Dibuat Bingung, Planet Mars Berputar Lebih Cepat Setiap Tahunnya

Aisyah Isyana - 11/08/2023 01:22

Beritacenter.COM - Planet Mars merupakan salah satu planet yang kerap menjadi perhatian manusia untuk diteliti. Terlebih, Mars merupakan planet tetangga terdekat Bumi di Tata Surya. Banyak penelitian seperti pencarian jejak air yang mungkin mengalir di permukaan Mars, hingga soal keberadaan mikroba yang mungkin masih menunggu untuk ditemukan.

Tak hanya itu, terdapat misteri lain di Planet Merah itu yang membuat para ilmuwan bingung, yakni Mars ternyata berputar lebih cepat setiap tahunnya. Dari data dari rover InSight milik NASA, terungkap jika planet itu berputar 4 milidetik lebih cepat setiap tahunnya.

Dengan adanya percepatan rotasi itu, maka tercatat ada sepersekian milidetik terpangkas dari hari-hari biasa di Mars setiap tahunnya. Meski tak banyak informasi, ini menjadi petunjuk penting bagi evolusi Mars, kemana kira-kira arahnya di masa depan, sebagaimana dijelaskan para peneliti yang menerbitkan temuan percepatan rotasi Mars di jurnal sains Nature.

InSight yang pertama kali mendarat di Mars pada 2018, diketahui memiliki berbagai perangkat canggih termasuk instrumen khusus yang disebut RISE (Rotation and Interior Structure Experiment), yang terdiri dari transponder radio dan antena, seperti dikutip Futurism.

Dari situ, para ilmuwan dapat menemukan terjadinya fenomena rotasi dan akselerasi Mars lewat pengiriman sinyal radio antara RISE dan Deep Space Network NASA, yang merupakan kompleks antena radio besar di Bumi.

Sementara soal penyebab rotas lebih cepat itu sejauh ini masih misterius dan masih diteliti para ilmuwan. Para ilmuwan memiliki sejumlah teori terkait hal itu, sebut salah satunya mungkin saja karena pengumpulan es di daerah kutub menyebabkan putaran ini.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA