Saturday, 24 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Politik

Nasib Koalisi Perubahan yang Tidak juga Berubah Berpotensi Ambyar

Indah Pratiwi - 29/07/2023 16:16

Beritacenter.COM - Pertemuan antara Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani menjadi sorotan publik beberapa waktu lalu. Beberapa pihak mengaitkan pertemuan itu dengan nasib Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang saat ini beranggotakan NasDem, Demokrat, dan PKS.

Koalisi Perubahan terkesan tidak banyak berubah, anggotanya tetap, capresnya tetap dan cawapresnya belum juga ada. Potensi bubarnya Koalisi Perubahan sangat mungkin apalagi PDIP telah memberi sinyal bekerja sama dengan Demokrat.

Nama Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bahkan disebut masuk dalam bursa calon wakil presiden untuk mendampingi Ganjar Pranowo yang merupakan calon presiden PDIP.

Melihat situasi politik yang ada terdapat potensi bubarnya KPP di tengah pendekatan yang dilakukan AHY dan Puan yang pastinya direstui SBY. Partai Demokrat sangat mungkin hengkang karena proposal mereka untuk mengusung AHY sebagai cawapres tak kunjung digubris koalisi Anies.

Sampai Anies pulang haji pengumuman cawapres belum juga hadir. Anies seolah masih mencari sosok cawapres dengan pergi ke Kabupaten Pangandaran menemui mantan Menteri KKP Susi Pujiastuti.

Jika Demokrat benar-benar hengkang sama saja dengan kegagalan Anies menjadi capres. Pasalnya, modal suara KPP tak akan melampaui ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold) tanpa Demokrat.

Bila Demokrat memang jadi pindah ke PDIP, praktis Koalisi Perubahan tidak memenuhi syarat PT 20 persen. Ini artinya Anies akan berpeluang menjadi gelandangan politik sambil gigit pohon mahoni. Sangat sulit mencari parpol lain yang mau dan mampu mendukung Anies mendapat tiket pilpres.

Saya tidak yakin akan ada partai yang mau bergabung ke koalisi Anies jika Demokrat hengkang. Menurutnya, partai-partai yang belum berkoalisi saat ini punya kecenderungan dekat dengan Jokowi.

Partai Golkar, PKB, dan PAN adalah bagian dari kabinet Jokowi. Sementara Koalisi Perubahan dipandang sebagai oposisi. Mereka segan dengan Jokowi. Kemungkinan mereka pindah ke Koalisi Perubahan yang dikonotasikan dengan oposisi sangat kecil jika tidak dibilang mustahil.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat

HOT MINGGU INI


FOKUS MINGGU INI


BOLA