Monday, 11 Dec 2023
Temukan Kami di :
News

Divonis 6 Tahun Bui, Alwi Revenge Porn Juga Dilarang Akses Internet Selama 8 Tahun

Aisyah Isyana - 14/07/2023 10:34

Beritacenter.COM - Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Pandeglang menjatuhkan vonis 6 tahun penjara terhadap Alwi Husen Maolana, terdakwa kasus revenge porn. Tak hanya itu, Alwi juga dihukum tak boleh mengakses internet selama 8 tahun.

"Menjatuhkan pidana tambahan kepada terdakwa berupa pencabutan hak untuk mempergunakan atau memanfaatkan transaksi elektronik berbasis internet selama 8 tahun yang mulai berlaku pada hari ini," ujar hakim ketua di PN Pandeglang, Kamis (13/7/2023).

Dalam kasus ini, hakim menyatakan Alwi bersalah melakukan tindak asusila dan dijatuhi vonis 6 tahun penjara. Selain itu, Alwi juga dihukum membayar denda Rp1 miliar.

"Mengadili menyatakan terdakwa Alwi Husen Maolana telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja dan bertahap mendistribusikan informasi elektronik yang memilki muatan melanggar kesusilaan sebagaimana dakwaan," kata hakim.

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan pidana penjara selama 6 tahun dan denda sejumlah satu Rp 1 miliar dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan penjara 3 bulan," imbuh hakim.

Sekedar diketahui, Jaksa penuntut umum (JPU) sebelumnya menuntut Alwi dengan hukuman 6 tahun penjara. Jaksa mendakwa Alwi telah melanggar Pasal 45 ayat (1) juncto Pasal 27 ayat 1 UU ITE. Tak hanya itu, Alwi juga terancam denda Rp1 miliar subsider 3 bulan penjara.

Akibat kasus yang menjeratnya, Alwi juga telah diberikan sanksi berat dari pihak kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirita). Alwi telah secara resmi dikeluarkan dari Untirta.




Berita Lainnya

Akhir Pekan, Cuaca di Jakarta Cerah Berawan

09/12/2023 07:07 - Rahman Hasibuan
Kemukakan Pendapat


BOLA