Saturday, 24 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Ekonomi

Luhut Beberkan Keuntungan yang Didapat Austrlia dari Ekspor Lithium ke RI

Aisyah Isyana - 08/07/2023 00:20

Beritacenter.COM - Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Australia berencana bakal mengekspor ribuan ton lithium ke Indonesia. Komitmen terkait hal itu didapat usai Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan PM Anthony Albanese secara langsung di Australia beberapa waktu lalu.

Lutuh menyebut, awalnya Australia akan melakukan ekspor 60.000 ton lithium ke Indonesia, namun dia merayu agar jumlah itu ditambah dua kali lipat. Nantinya, lithium itu bakal diolah menjadi baterai kendaraan listrik di kawasan Industri Morowali, Sulawesi Tengah.

Pada kesempatan itu, Luhut turut menjelaskan keuntungan bagi Australia mengekspor lithium ke Indonesia. Keuntungan pertama, jelas Luhut, pihak Australia dapat ikut berpartisipasi ke dalam pengembangan hilirisasi mineral di Morowali.

"Mereka nanti bisa ikut participate di dalam project itu. Jadi sehingga itu kita lakukan jointly dan mereka setuju dengan itu," beber Luhut dalam keterangan video di akun Instagram resminya, @luhut.pandjaitan, dikutip Jumat (7/6/2023).

Kemudian keuntungan lainnya yang didapat Australia, yakni biaya produksi yang lebih murah di Indonesia, karena ekosistem mobil listrik tengah dikebut di Indonesia.

"Itu saya kira satu hal, dan cost di Australia kan bisa 4 kali lebih mahal dari kita, kalau membuat processing mobil listrik misalnya A to A. Jadi kalau di Indonesia cost-nya pasti lebih turun," ujar Luhut.

Sebelumnya, Jokowi dalam keterangan persnya bersama PM Albanese turut menekankan agar Indonesia dan Austrila harus bekerja sama untuk melakukan pengembangan baterai kendaraan listrik. Mengingat Indonesia dan Australia memiliki modal sumber daya yang besar.

"Indonesia dan Australia harus membangun kerja sama ekonomi yang lebih substantif dan strategis melalui pengembangan bersama produksi baterai Electric Vehicle," tutur Jokowi, Selasa (4/7/2023).




Berita Lainnya

Inilah 5 Cara Hemat Uang Belanja Akhir Tahun

29/12/2023 20:30 - Rahman Hasibuan
Kemukakan Pendapat

HOT MINGGU INI


FOKUS MINGGU INI


BOLA