Monday, 26 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Bola

Resmi Jadi WNI, Shin Tae - Yong Panggil Ivar Jenner dan Rafael Struick di FIFA Matchday

Rahman Hasibuan - 25/05/2023 12:21

Beritacenter.COM - Dua pemain baru Naturalisasi, Ivar Jenner dan Rafael Struick, dipanggil pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk FIFA Matchday Juni 2023.

Keduanya berpeluang membela Timnas Indonesia ketika beruji coba dengan Timnas Palestina dan Timnas Argentina.

Timnas Indonesia akan lebih dulu melawan Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, pada 14 Juni 2023, baru menjamu Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada lima hari berselang.

Ivar Jenner dan Rafael Struick telah diperkenalkan oleh PSSI sebagai dua pemain naturalisasi anyar untuk Timnas Indonesia di SUGBK pada Rabu (24/5/2023).

Keduanya resmi menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) pada 22 Mei 2023. Ivar Jenner dan Rafael Struick tinggal menjalani perpindahan asosiasi dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI di FIFA demi membela Timnas Indonesia.

Semula, Ivar Jenner dan Rafael Struick diproyeksikan Shin Tae-yong buat timnas U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Namun, timnas U-20 batal menjadi tuan rumah turnamen itu dan digantikan Argentina. Kendati demikian, naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick tetap diproses PSSI. Keduanya diprioritaskan untuk Timnas Indonesia dan U-22.

"Saya cukup kecewa Piala Dunia U-20 2023 batal di Indonesia. Tapi, saya mendapatkan panggilan dari Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia. Fokus saya buat timnas senior dan saya ingin bermain secepatnya pada FIFA Matchday," ujar Ivar Jenner.

Ivar Jenner masih berusia 19 tahun dan berposisi sebagai gelandang. Mengacu Transfermarkt, pemain keturunan Jember, Jawa Timur, itu berperan sebagai pemain nomor enam dan delapan.

Membela Jong Utrecht pada musim 2022/2023, Ivar Jenner bermain 13 kali di Eerste divisie atau kasta kedua Liga Belanda dengan perolehan nol gol, nihil assist, namun mendapatkan empat kartu kuning.

Sementara, Rafael Struick berumur 20 tahun. Merujuk Transfermarkt, pemain ADO Den Haag di kasta kedua Liga Belanda itu terbiasa bermain menjadi winger kiri, namun juga bisa beraksi sebagai penyerang tengah dan kanan.

"Sangat disayangkan Piala Dunia U-20 batal. Namun, kami harus move on. Sekarang ada Timnas Indonesia dan U-22. Ada banyak yang akan dilakukan dan kami harus fokus," ucap Rafael Struick.

Saat ini, Rafael Struick memperkuat ADO Den Haag di divisi yang sama. Namun, penyerang keturunan Semarang, Jawa Tengah, itu hanya bermain dua kali dengan catatan 11 menit pada musim lalu.




Berita Lainnya

Resmi !! Bhayangkara FC Rekrut Osvaldo Haay

24/11/2023 12:23 - Rahman Hasibuan
Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA