Thursday, 22 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Politik

KPU soal Menteri Nyaleg: Boleh, Tidak Ada Larangan

Lukman Salasi - 17/05/2023 10:47

BeritaCenter.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan bahwa para menteri boleh mencalonkan diri sebagai anggota legislatif 2024. Tidak ada larangan menteri untuk nyaleg.

"Seseorang tokoh yang menjabat menteri memiliki hak politik untuk menjadi bakal caleg yang diajukan oleh parpol ke KPU," kata Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik yang dikutip, Rabu 17 Mei 2023.

"Jadi menteri itu boleh mencalonkan diri jadi bakal caleg. Hal tersebut tidak ada larangan," sambungnya.

Idham menilai menteri mencalonkan diri sebagai caleg bukan merupakan fenomena baru. Sebab itu, Idham menyebut tidak ada masalah jika menteri mencalonkan diri.

"Nggak ada masalah, bukan fenomena baru kan. Dahulu di 2019 pernah, di 2014 juga pernah. Oleh karena itu Mahkamah Konstitusi menerbitkan putusan judicial review dengan nomor perkara 57/PUU-XI/2013," katanya.

Berdasarkan dengan Pasal 240 ayat (1) UU Nomor 7 Tahun 2017, tidak membatasi atau tidak melarang seorang menteri menjadi bakal calon untuk Pemilu DPR dan DPRD. Dalam pasal itu disebutkan yang harus mengundurkan diri saat mencalonkan sebagai caleg ialah Kepala Daerah, ASN, TNI/Polri.

Seperti diketahui, ada sejumlah menteri atau wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju yang menjadi bakal calon anggota legislatif 2024. Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), Menkominfo Johnny G Plate, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, Wakil Menaker Afriansyah Noor dan Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA