Monday, 26 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Keuangan

Tips Gampang Kelola Pengeluaran, Biar Gaji Gak Cuma Numpang Lewat

Rahman Hasibuan - 10/05/2023 12:23

Beritacenter.COM - Rasanya gajian baru saja diterima beberapa hari lalu. Sekarang belum juga sampai pertengahan bulan, tapi kok rasanya saldo rekening sudah makin menipis ya? Nggak jarang nih banyak yang merasa kebingungan ke mana perginya uang gajian yang bikin harus ekstra berhemat hingga waktu gajian selanjutnya tiba. Ngaku deh, kamu sering mengalami dilema seperti ini juga?

Jangan jadi kebiasaan, saatnya bebaskan diri dari drama gaji yang cuma numpang lewat dengan tips mengelola pengeluaran berikut ini.

Catat Kebutuhan Bulanan Prioritas yang Bisa Menjadi Panduan Belanja

Kalau kamu sering merasa gaji cuma numpang lewat, berarti kesalahan ada pada pengeluaranmu. Coba ngaku deh, apakah selama ini sudah mengatur pengeluaran dengan benar berdasarkan skala prioritas? Demi gaji yang tetap aman di rekening, saatnya mulai ubah kebiasaan mengatur keuangan pribadi.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah catat semua pengeluaran bulanan yang biasa kamu keluarkan. Dari sini akan mulai ketahuan nih pengeluaran mana yang paling banyak menyita gaji bulanan. Apakah itu habis untuk belanja skincare, nongkrong di kafe, atau pengeluaran lain yang sebenarnya tidak perlu.

Tahap selanjutnya, mulai tentukan skala prioritas pengeluaran mana saja yang memang penting. Jadikan ini sebagai panduan belanja di bulan-bulan berikutnya. Dengan belanja sesuai guideline yang ada, kamu bisa mengamankan gaji supaya nggak hanya numpang lewat saja.

Buat Post Budget Pengeluaran Bulanan Biar Lebih Terarah

Mengatur keuangan bukan berarti pelit kepada diri sendiri. Kamu tetap bisa berburu skincare favorit, belanja fashion items terbaru, dan melakukan berbagai hal lainnya asalkan dengan budgeting yang tepat. Jadi, supaya lebih memudahkan sebaiknya bikin pos budget pengeluaran bulanan supaya lebih terarah.

Idealnya, bagi penghasilanmu menjadi beberapa pos yang bisa dibedakan menjadi kebutuhan pokok bulanan, tagihan, hiburan, tabungan dan dana darurat. Belanjakan masing-masing pos dengan bijak sesuai dengan budget yang sudah dibuat. Dengan begitu, nggak ada lagi yang Namanya gaji cuma numpang lewat.

Jangan Mudah Kena Racun Godaan Online Shop

Dapat notifikasi flash sale atau promo yang menawarkan diskon besar-besaran dari online shop favorit kamu? Eits, jangan sampai terjebak! Meskipun harga yang ditawarkan terkesan murah dan bisa menghemat pengeluaran, jika memang sudah melebihi budget belanja bulanan belanja, sebaiknya di-skip saja karena bisa membahayakan keuangan pribadi.

Selain itu, sebelum check out segala sesuatu, pastikan untuk bisa membedakan mana barang yang memang kamu butuhkan dan mana yang sebatas keinginan. Dengan begitu, kamu bisa menentukan mana pengeluaran yang memang prioritas dan mana yang seharusnya dieliminasi.

Pantau Selalu Transaksi Biar Nggak Kecolongan

Last but not least, pastikan kamu selalu memantau transaksi yang dilakukan. Hal ini penting supaya kamu memahami ke mana saja uang keluar selama ini. Selain itu, dengan memahami berapa banyak uang yang sudah dihabiskan tiap bulannya bisa mencegah kamu dari pengeluaran yang sifatnya impulsif.

 




Berita Lainnya

Dolar AS Masih Dikisaran Rp15.600 Pagi Ini

04/10/2023 11:32 - Aisyah Isyana
Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA