Thursday, 22 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Hasanah

Doa Hujan Turun Terus-menerus agar Tidak Banjir

Rahman Hasibuan - 28/02/2023 08:50

DOA hujan turun terus-menerus agar tidak banjir sangat penting diketahui setiap Muslim. Pasalnya saat ini wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan dengan intensitas yang cukup lebat.

Bahkan sebagian daerah di Tanah Air ada yang sampai mengalami banjir. Oleh karena itu, doa hujan ini penting diamalkan agar tidak terjadi musibah alam tersebut atas kehendak Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Berikut doa hujan yang bisa diamalkan umat Islam agar terhindar dari banjir, sebagaimana dilansir Rumaysho.com:

Doa Hujan

اللَّهُمَّ صَيِّباً ناَفِعاً

Arab latin: Allahumma shoyyiban naafi’aa.

Artinya: "Ya Allah, turunkanlah kepada kami hujan yang bermanfaat." (HR Bukhari nomor 1032, Ahmad: 24190, dan An-Nasa'i: 1523)

Doa Hujan Turun Terus-menerus

Ketika hujan turun terus-menerus, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam memohon kepada Allah Subhanahu wa ta'ala agar cuaca kembali menjadi cerah. Beliau memanjatkan doa:

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Arab Latin: Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya: "Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan)." (HR Bukhari nomor 1014)

Doa ketika Ada Petir

Dalam riwayat dari Abdullah bin Az-Zubair saat mendengar petir, ketika ada petir menghentikan pembicaraan, kemudian mengucapkan:

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمِدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

Arab latin: Subhaanalladzi yusabbihur ra’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya: "Maha Suci Allah yang halilintar bertasbih dengan memuji-Nya, begitu juga para malaikat, karena takut kepada-Nya." (Al Muwaththa’ 2/992. Syekh Al Albani berkata hadis ini mauquf yang sahih sanadnya. Sumber: Kitab Hisnul Muslim Said bin Ali Al Qathanis)

Demikian penjelasan doa hujan turun terus-menerus agar terhindar dari musibah banjir atas kehendak Allah Subhanahu wa Ta'ala. Allahu a'lam bissawab.




Berita Lainnya

Ini Hukum Jual Beli Anjing Menurut Islam

30/01/2024 22:11 - Rahman Hasibuan

5 Bacaan Doa agar Lancar dan Diterima Kerja

04/01/2024 21:01 - Rahman Hasibuan

Doa ketika Terjadi Gempa Bumi

03/01/2024 20:35 - Rahman Hasibuan
Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA