Thursday, 22 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Ekonomi

Ditanya soal Panen Raya Tekan Harga Beras, Mentan Syahrul Bilang Gini..

Aisyah Isyana - 17/02/2023 21:52

Beritacenter.COM - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut panen raya sudah dimulai Februari ini hingga Maret mendatang. Hal itu tentunya akan membuat stok beras diperkirakan akan naik, lantaran jutaan hektar lahan telah siap panen hingga Maret nanti.

Saat ditanya soal apakah hal ini akan meredam gejolak harga beras, Syarul menyebut semua itu akan kembali ke para pelaku perdagangan di pasar. Menurutnya, Kementan hanya mengurusi soal masalah ketersediaan saja, bukan urusan stabilitas harga di pasaran.

"Saya punya urusan ketersediaan, tentu ini akan kembali ke para pelaku perdagangan," ujar Syahrul di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (17/2/2023).

Kendati begitu, Syahrul berharap jika harga beras di pasar turun, jangan sampai membuat harga di para petani juga ikut turun."Ya kita berharap tentu saja harganya tidak boleh terlalu turun juga karena ini berkaitan dengan kepentingan petani tapi tidak boleh terlalu tinggi juga," ujar Syahrul.

"Inilah yang perlu kita normalisasi atau normatifkan semua pihak untuk semua bisa melakukan," imbuhnya.

Lebih lanjut, Syahrul menyebut ada jutaan hektare sawah siap dipanen hingga Maret nanti. Dia menilai, sejauh ini apa yang terjadi pada panen raya sudah dilakukan sesuai perhitungan. Dimana ada 1 juta hektare lahan sudah dipanen Februari ini, dan hampir 2 juta hektare lagi akan dipanen per-Maret mendatang.

"Data dari BPS kita mengatakan bahwa kita untuk Februari saja ada kurang lebih 1 juta hektare, kemudian akan panen di Maret itu 1,9 juta, itu panen raya," sebut Syahrul.




Berita Lainnya

Inilah 5 Cara Hemat Uang Belanja Akhir Tahun

29/12/2023 20:30 - Rahman Hasibuan
Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA