Thursday, 22 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Ekonomi

Lapor ke Jokowi, Mentan Syahrul : Jutaan Hektare Sawah Sudah Siap Panen Raya

Aisyah Isyana - 17/02/2023 20:18

Beritacenter.COM - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melapor ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal musim panen raya yang telah dimulai. Menurutnya, jutaan hektare sawah sudah siap panen mulai bulan ini hingga Maret mendatang.

"Kita laporkan kepada bapak Presiden bahwa mulai Februari sampai Maret ini proses-proses panen raya sudah berlangsung di semua daerah," ujar Syahrul di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta Pusat, Jumat (17/2/2023).

Syahrul menyebut panen raya sejauh ini sudah suesuai dengan perhitungan yang dilakukan Kementan. Dia menyebut, sekitar 1 juta hektare lahan sudah dipanen, bahkan hampir 2 juta hektare lagi yang akan dipanen per-Maret nanti.

"Data dari BPS kita mengatakan bahwa kita untuk Februari saja ada kurang lebih 1 juta hektare, kemudian akan panen di Maret itu 1,9 juta, itu panen raya," terang Syahrul.

"Tentu kita juga berharap ya serapannya ini bisa secara maksimal dilakukan untuk kepentingan konsumen kita," imbuhnya.

Lebih lanjut, Syahrul menyebut produksi beras pada puncak panen setidaknya akan mencapai 5,9 juta ton. Dimana jumlah itu disebut sudah sesuai dengan data BPS.

"Rata-rata 5,9 (juta ton) dari data yang ada ya, yang selama ini kami jadikan rujukan. Walaupun dengan berbagai varietas yang kami pakai sekarang sudah lebih dari itu. Tetapi kami pakai yang terendah 5,9 (juta ton) data BPS," ujar Syahrul.




Berita Lainnya

Inilah 5 Cara Hemat Uang Belanja Akhir Tahun

29/12/2023 20:30 - Rahman Hasibuan
Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA