Thursday, 09 Feb 2023
Temukan Kami di :
News

Polisi Ringkus 3 Wanita Sindikat Penipuan Modus Pernikahan

Anas Baidowi - 25/01/2023 15:09

Beritacenter.COM - Polres Singkawang mengungkap sindikat penipuan dengan modus pernikahan di Kota Singkawang. Satreskrim Polres Singkawang menangkap tiga orang wanita diamankan.

"Ketiga pelaku ini memiliki perang masing masing. AM berperan sebagai Mak Comblang, SF berperan sebagai anak gadis, sedangkan AC berperan meyakini korban agar mau menikah dengan SF," kata Waka Polres Singkawang, Kompol Raden Real Mahendra, Rabu, 25 Januari 2022.

Raden menjelaskan, penipuan itu terjadi bermula dari perkanalan korban berinisial A yang merupakan warga Kecamatan Singkawang Selatan dengan pelaku wanita paruh baya berinisial AM. Dari perkenalan tersebut, AM kemudian mengenakan dan menjodohkannya dengan pelaku lain berinisial SF dimana dari perkenalan itu terjalin komunikasi.

"Dari komunikasi yang terjadi, tersangka SF mengaku kepada korban jika dirinya masih berstatus gadis dan memiliki anak. Tepat pada 25 Desember 2022, korban dan tersangka SF menjalin pertunangan dirumah korban dengan memberikan beberapa perhiasan dan uang tunai sebanyak Rp12.120.000," jelasnya.

Setelah bertunangan, korban tidak dapat menghubungi AM dan SF sehingga korban berusaha mencari keberadaan tersangka SF. Dari penelusuran yang dilakukan korban, ternyata tersangka SF diketahui sudah menikah dan telah memiliki dua orang anak.

"Merasa tertipu, korban pun melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Singkawang Selatan," ujarnya.

Akibat ulahnya, ketiga tersangka akan dikenakan Pasal 378 Junto 55 KUHP dengan ancaman paling singkat 4 tahun penjara.




Berita Lainnya

Gempa 4,5 Magnitudo Guncang Keerom Papua

09/02/2023 01:00 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat


BOLA