Thursday, 09 Feb 2023
Temukan Kami di :
News

Heru Budi Ungkap Progres Proyek Giant Sea Wall Jakarta

Lukman Salasi - 25/01/2023 11:03

BeritaCenter.COM - Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memberikan penjelasan mengenai perkembangan atau progres dari pembangunan tanggul laut raksasa atau giant sea wall Jakarta.

"Sedang tahap perencanaan. Kami juga sudah koordinasi dengan Bappenas, koordinasi dengan Kementerian Perikanan. Mungkin dalam tahap proses pematangan perencanaan," kata Heru di area outlet sodetan Kali Ciliwung, Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur, Selasa (24/1/2023).

Heru mengatakan tidak khawatir akan anggaran giant sea wall saat ibu kota berpindah dari Jakarta ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan. Pemprov DKI akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat demi jalannya proyek di pantai utara Jakarta tersebut.

"Ya mungkin bisa kita cari dari berbagai pihak, termasuk kewajiban-kewajiban para pengembangan yang memang ingin melakukan reklamasi dan lain-lain. Bersama-sama mungkin dengan pempus," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan masih ada ancaman banjir rob di Jakarta. Jokowi mengingatkan kembali pembangunan tanggul laut raksasa (giant sea wall).

Hal itu diungkap setelah meninjau proyek pembangunan sodetan Kali Ciliwung, Selasa (24/1/2023). Jokowi mengatakan, meski sodetan telah berfungsi, nantinya masih ada permasalahan lain, yakni banjir rob.

"Masih ada yang namanya banjir rob, giant sea wall, tanggul laut dari atas belum selesai, masih dari pantai ke sini," kata Jokowi.

Dia mengatakan penanganan banjir sudah lebih dulu dilakukan dari bagian hulu. Saat ini, proses pembangunan sodetan Kali Ciliwung sedang dilanjutkan setelah mangkrak beberapa tahun.

"Kita tahu penanganan banjir Jakarta harus dari hulu sampe ke hilir. Di hulunya sudah kemarin selesai. Di bangunan Bendungan Ciawi, kemudian Bendungan Sukamahi sudah di atas," kata Jokowi.





Berita Lainnya

Gempa 4,5 Magnitudo Guncang Keerom Papua

09/02/2023 01:00 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat


BOLA