Monday, 06 Feb 2023
Temukan Kami di :
Nasional

Apdesi: Mendes Abdul Halim Iskandar Harus Dicopot

Lukman Salasi - 24/01/2023 12:23 Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar.

BeritaCenter.COM - Presiden Jokowi diminta mencopot Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar. Desakan pencopotan Mendes disampaikan oleh Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi).

Apdesi menilai Menteri Desa tidak berpihak pada kepala desa dan seringkali pernyataannya bikin gaduh.

"Tentu kita sudah mengevaluasi, mengikuti rekam jejak, kita melihat bahwa apa yang dilakukan Mendes selama ini lebih banyak bernuansa politis, pernyataan-pernyataannya juga lebih banyak membuat kegaduhan," kata Wakil ketua umum DPP Apdesi Sunan Bukhari dalam keterangan resminya yang dikutip, Selasa 24 Januari 2023.

Sunan kemudian memberikan contoh seperti saat ada wacana perubahan masa periode kepemimpinan kepala desa dari sebelumnya 6 tahun menjadi 9 tahun dalam satu periode. Dia menilai Mendes Hakim Iskandar tidak memahami substansi dari Undang-Undang Desa.

"Dalam pandangan kami, Bapak Halim Iskandar tidak memahami substansi UU Desa secara mendalam, dengan senantiasa memojokkan kepala desa dalam setiap pernyataan, melemparkan wacana yang meresahkan serta menerbitkan kebijakan-kebijakan yang sesungguhnya tidak sesuai harapan dari kepala desa, BPD, dan perangkat," kata dia.

Sunan menilai Halim Iskandar tidak menempatkan perangkat desa sebagai lembaga utama membangun desa. Dalam hal ini, menempatkan perangkat desa sebagai objek yang harus menerima kebijakan pemerintah pusat.

"Fungsi supervisi, mendampingi, dan melayani pemerintahan desa tidak dilakukan. Bapak Halim Iskandar menganggap pemerintahan desa adalah objek yang harus menerima apa pun kebijakan dari Kementerian Desa," ujarnya.

Dia menambahkan, kementerian terkait tidak merespons keluhan yang ada di desa.

"Tidak ada upaya dan langkah serius sebagai Menteri Desa mendengarkan keluhan, persoalan yang dialami oleh pemerintahan desa. Persoalan strategis yang dirasakan desa, selama ini hanya selesai saat kami meminta ke Presiden, kepada Menteri Desa tidak ada respons dan langkah-langkah serius," jelasnya.

Dengan catatan tersebut, Apdesi bersama Asosiasi Badan Permusyawarahan Desa Nasional (DPP Abpednas), dan Persatuan Perangkat Desa Seluruh Indonesia (DPN PPDI) meminta Presiden Jokowi mencopot Mendes Halim Iskandar.

"Meminta kepada Bapak Presiden Joko Widodo yang memiliki hak prerogatif untuk mengevaluasi atau mengganti Menteri Desa," ucapnya.




Berita Lainnya

Waspada! Kasus Gagal Ginjal Akut Kembali Muncul

06/02/2023 11:24 - Lukman Salasi

Gunung Kerinci Kembali Erupsi

03/02/2023 20:25 - Rahman Hasibuan
Kemukakan Pendapat


BOLA