Thursday, 23 Mar 2023
Temukan Kami di :
Ekonomi

DJP Catat 1.119 Crazy Rich RI Berpenghasilan Diatas Rp5 M Bakal Bayar Pajak Gede, Nilainya..

Aisyah Isyana - 12/01/2023 13:10

Beritacenter.COM - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan mencatat ada sebanyak 1.119 crazy rich wajib pajak yang memiliki penghasilan diatas Rp5 miliar per-tahun. Dengan begitu, para crazy rich ini otomatis akan dikenai pajak penghasilan (PPh) tarif baru paling besar 35%.

Dimana ketentuan terkait lapisan pajak baru ini sebagaimana tertuang dalam undang-undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP). Dalam aturan itu, wajib pajak berpenghasilan Rp5 miliar keatas akan dikenai tarif pajak baru 35%, dari sebelumbya tarif paling tinggi hanya 30% untuk yang berpedapatan Rp500 juta ke atas.

"Adanya tambahan tarif PPh ini diyakini akan meningkatkan penerimaan PPh secara signifikan. Hal ini karena berdasarkan data DJP tahun 2022, mereka yang berpenghasilan di atas Rp 5 miliar setahun berjumlah sekitar 1.119 orang," tulis unggahan di akun twitter resmi @DitjenPajakRI, dikutip Kamis (12/1/2023).

Sejatinya, Indonesia tergolong cukup telambat dalam menerapkan pajak untuk para crazy rich superkaya, jika dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya seperti Thailand, Filipina dan Vietnam. Alhasil, kontribusi pajak orang pribadi dalam penerimaan pajak nasional masih sangat kecil, yakni 24% dari PPh orang pribadi karyawan dan 2% PPh orang pribadi usahawan.

Selain itu, DPJ menyebut penambahan tarif baru untuk para crazy rich ini turu membantu mengurangi ketimpangan sosial, lantaran mengedepankan asas ability to pay. Dimana sistem pajak dikatakan adil apabila setiap orang dapat membayar pajak sesuai kemampuannya.

"Maka kenaikan tarif pajak orang pribadi ini bukan sebuah jalan pintas untuk meraup pendapatan dari pajak, tetapi jalan panjang yang dirintis DP untuk menciptakan keadilan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat luas," tutur DJP.

Senada dengan aturan itu, Mekeu Sri Mulyani turut mengamini soa para crazy rich yang memiliki penghasilan diatas Rp5 miliar dikenai tarif pajak 35%. Dimana pembayaran pajak para crazy rich itu diperkirakan dapat mencapai Rp1,75 miliar per-tahun.

"Banyak netizen yang berkomentar harusnya yang KAYA DAN PARA PEJABAT yang bayar pajak. SETUJU DAN BETUL BANGET..! mereka yang kaya dan para pejabat memang dikenakan pajak, bakan yang punya gaji di atas Rp 5 miliar per tahun bayar pajaknya 35% (naik dari sebelumnya 30%). Itu kira-kira pajaknya bisa mencapai Rp 1,75 miliar setahun," katanya dalam postingan di akun Instagram @smindrawati, Selasa (3/1).




Berita Lainnya

Jelang Puasa, Harga Cabai dan Telur Masih Mahal

17/03/2023 23:25 - Rahman Hasibuan
Kemukakan Pendapat


BOLA