Monday, 06 Feb 2023
Temukan Kami di :
Teknologi

TikTok, YouTube Hingga Facebook Digugat Gegara Rusak Kesehatan Mental Remaja?

Aisyah Isyana - 10/01/2023 01:22

Beritacenter.COM - Sejumlah jejaring media sosial dan aplikasi streaming digugat oleh Seattle Public School, lantaran disebut telah merusak otak generasi muda untuk mencari keuntungan semata. Dimana dalam gugatannya, disebutkan sejumlah aplikasi yang digugat menggunakan metode psikologi untuk merusak kesehatan mental para pelajar.

Adapun sejumlah aplikasi yang digugat itu diataranya, yakni TikTok, YouTube, Facebook, Snap, dan Instagram, termasuk perusahaan induknya, yaitu Alphabet, Meta, dan ByteDance.

Gugatan yang dilakukan pihak badan sekolah negeri di Amerika Serikat itu didaftarkan di United States District Court, Western District of Washington di Seattle, AS, sebagaimana dikutip dari Phone Arena, Senin (9/1/2023).

Sejumlah platform jejaring sosial yang digugat itu dituding telah memanfaatkan psikologi dan neuropsikologi para penggunanya, sehingga membuat orang menghabiskan waktu lebih lama. Teknik ini disebut sangat efektif namun berbahaya bagi remaja, dan dianggap dengan sengaja dilakukan para tergugat guna menciptakan krisis kesehatan mental di generasi muda AS.

Dimana krisis kesehatan mental itu disebut tercipta sebagai dampa dari aksi para tergugat yang dalam mengeruk keuntungan finansial sebesar-besarnya.

"Model bisnis mereka berbasis pada iklan. Semakin banyak waktu yang dihabiskan di platform, semakin banyak iklan yang bisa dijual oleh tergugat," seperti yang tertera dalam gugatan itu.

Para tergugat dinilai menargetkan generasi muda sebagai target utama mereka dalam megeruk keuntungan. Hal itu dilakukan lantaran para remaja kemungkinan besar memiliki ponsel dan menggunakan media sosial, serta menghabiskan wakti di platform medsos itu.

"Generasi muda pada khususnya rentan terhadap aksi manipulatif tergugat karena otak mereka belum berkembang secara penuh, dan mereka biasanya belum dewasa secara emosi, impulsif," tambah Seattle Public School District.

Adapun salah satu sorotan dalam gugatan itu, yakni beredarnya konten berbahaya seperti ajakan diet yang membatasi asupan kalori sebesar 300 kalori per-hari. Dalam hal ini, Seattle Public School District menyoroti soal kebutuhan kalori yang seharusnya didapat rata-rata pria sebasar 2000-3000 kalori per-hari dan rata-rata wanita 1600-2000 kalori per hari.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA