Monday, 06 Feb 2023
Temukan Kami di :
Investasi

Kebut Percepatan Investasi, Bahlil : Komunikasi Kementerian-DKI Bagus di Era Heru Budi

Aisyah Isyana - 03/01/2023 19:18

Beritacenter.COM - Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia melakukan pertemuan dengan Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono di Balai Kota. Dalam pertemuan itu, keduanya membahas Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission (OSS) guna percepatan investasi.

"Jadi ini kunjungan kedinasan, kekeluargaan untuk tahun baru. Yang kedua tadi kami sudah bersepakat dalam rangka percepatan investasi di DKI, salah satu syaratnya adalah kemudahan berusaha, percepatan perizinan yang semuanya itu lewat OSS," kata Bahlil di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (3/1/2023).

Sejauh ini, perizinan diterbitkan Lembaga OSS untuk dan atas nama Menteri, Pimpinan Lembaga, Gubernur, atau Bupati/Wali Kota kepada pelaku usaha melalui sistem eletronik yang terintegrasi. Untuk itu, perlu adanya kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah.

Pada kesempatan itu, Bahlil turut memuji kepemimpinan Heru Budi. Menurutnya, komunikasi antara kementerian yang dipimpinnya dan Pemprov DKI baru terjalin dengan baik di masa kepemimpinan Heru Budi.

"Jadi Pak Heru ini saya terima kasih karena selama ini jujur saya katakan, baru kali ini komunikasi kita yang sangat bagus, antara pemerintah DKI dengan kementerian investasi, sejak implementasi OSS RBA (Online Single Submission Risk Based Approach)," ujar Bahlil.

Dimana Bahlil merasa komunikasi dengan gubernur DKI sebelumnya masih belum maksimal. Untuk itu, dia berharap Pemprov DKI dibawah kepemimpinan Heru Budi dapat melakukan percepatan investasi di Jakarta.

"Kita merasa belom maksimal, ya belom maksimal, ini Pak Heru paten punya, karena percepatan," ujar Bahlil saat menjawab pertanyaan mengenai komunikasi yang terjalin dengan Gubernur sebelumnya.

Lebih lanjut, Bahlil menyebut dalam pertemuan hari ini baik pihaknya ataupun Heru Budi telah sepakat membentuk tim kecil guna perncepatan peningkatan investasi di Jakarta.

"Saya pikir ini yang harus kita lakukan karena kalau tidak kita kembangkan, melakukan percepatan-percepatan, penciptaan lapangan pekerjaan itu akan terhambat. Jadi kita tak mau menghambat penciptaan lapangan pekerjaan," terangnya.

Sementara itu, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut tim kecil itu akan diisi oleh sejumlah pejabat yang mengurus perizinan. Dimana kedepannya tim itu juga akan merumuskan percepatan dari seluruh organisasi perangkat daerah (ODP), hingga ke tingkat Kecamatan dan Kelurahan.

"Bikin tim tidak besar kok, satu dua staf dan dari Pak Menteri juga dua untuk mensinkronkan yang sudah ada," kata dia.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA