Thursday, 22 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Politik

Ketua KPU: Ada Kemungkinan Pileg 2024 Pakai Sistem Tertutup

Lukman Salasi - 30/12/2022 13:04

BeritaCenter.COM - Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengungkap adanya gugatan ke Mahkamah Konsitutusi agar Pileg 2024 nanti menggunakan sistem proporsional tertutup.

Atas gugatan itulah, Hasyim kemudian berbicara adanya kemungkinan Pileg 2024 nanti akan menggunakan sistem tertutup itu. Jika MK memenangkan gugatan tersebut.

"Ada permohonan judicial review atau gugatan terhadap norma sistem proposal terbuka menjadi sistem tertutup, saya rasa kan bisa mengikuti sidangnya di MK atau informasi di website MK," ujar Hasyim di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (29/12/2022).

Hasyim sejatinya tidak menyarankan adanya kemungkinan proporsional tertutup. Namun, Hasyim mengingatkan partai politik dan lainnya, untuk menyiapkan mental, jika sewaktu-waktu ada perubahan sistem.

"Maka kemudian ini saya sampaikan, kan partai politik atau aktivis partai atau siapapun, misalkan yang mau nyalon harus mengikuti perkembangan itu, supaya siap mental, supaya secara psikologis siap menghadapi perubahan, kalau terjadi perubahan," katanya.

"Misalkan kalau sekarang ini ada orang katakanlah mau nyaleg gitu ya, menyebut dirinya, Hasyim Asy'ari calon anggota DPR partai anu dari dapil ini itu ya misalkan, pertanyaan saya dari mana bisa diketahui dia sekarang caleg? Wong pendaftaran di KPU aja belum," sambungnya.





Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA