Thursday, 22 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Bisnis

Setelah McD dan KFC, Domino's Pizza Juga Bakal Angkat Kaki dari Rusia

Aisyah Isyana - 29/12/2022 13:42

Beritacenter.COM - Sejumlah perusahaan waralaba hengkang dari Rusia, usai adanya invasi yang dilakukan Moskow ke Ukraina. Kini, Operator Domino's Pizza di Rusia juga disebut tengah mempertimbangkan untuk menjual bisnisnya di negara tersebut.

"Perusahaan sedang mempertimbangkan berbagai opsi yang mungkin termasuk divestasi operasinya di Rusia," kata DP Eurasia, pemilik waralaba Domino's Pizza di Rusia, dikutip dari BBC, Kamis (29/12/2022).

DP Eurasia diketahui memiliki 171 toko Domino's Pizza di Rusia. Selain itu, operator ini juga mengoperasikan waralaba Domino di Turki, Azerbaijan dan Georgia.

Sebelumnya, Domino's Pizza merupakan salah satu perusahaan barat yang tidak ikut-ikutan menangguhkan atau menghentikan layanan mereka di Rusia. Sejak awal terjadinya invasi ke Ukraina, mereka masih bertahan dan menilai masih terlalu dini untuk mengehentikan bisnis di Rusia.

"Keselamatan dan kesejahteraan semua karyawan dan pelanggan grup tetap menjadi prioritas utama dan DP Eurasia terkejut dan sedih dengan konflik tersebut dan dampaknya terhadap semua warga sipil tak berdosa di seluruh wilayah," jelas operator Domino Rusia pada Februari 2022 lalu.

Selain itu, perusahaan yang terdaftar di London itu juga menyebut masih belum ada gangguan material terhadap operasi restoran ditengah situasi perang yang terjadi saat itu. Kini, keputusan itu tampaknya bakal berubah, dan perusahaan memilih untuk angkat kaki dari Rusia.

Sebelumnya, tercatat sudah banyak deretan perusahaan makanan cepat saji asalh Barat yang angkat kaki dari Rusia. Sebut salah satunya McDonald's, yang telah menutup 850 restorannya yang berada di Rusia.

Kini, ratusan gerai sebagian besar dibeli oleh pengusaha Rusia Alexander Govor, dan telah diganti nama restorannya menjadi "Vkusno i Tochka." Dimana nama itu jika diterjemahkan berarti "Lezat dan hanya itu".

Tak hanya McDonald's, pemilik KFC Yum! dan Pizza Hut juga sudah angkat kaki dan menjual bisnis mereka di Rusia.




Berita Lainnya

Inilah Produk Israel yang Dijual di Indonesia

07/11/2023 11:00 - Rahman Hasibuan

TikTok Shop Resmi Tutup

04/10/2023 20:00 - Rahman Hasibuan
Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA