Saturday, 24 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Gadget

Cek Ponsel Kamu! Daftar Smarphone Tak Bisa Gunakan WhatsApp di 2023

Anas Baidowi - 29/12/2022 08:56

Beritacenter.COM - Kebijakan WhatsApp akan mencabut layanannya pada sejumlah tipe smartphone lawas. Keputusan itu akan diberlakukan mulai tahun 2023.

Keputusan itu merupakan lazim bagi sebuah aplikasi. Mereka biasanya tidak lagi memberikan pembaruan untuk sistem operasi ponsel lama yyang sudah jarang digunakan konsumen.

"Pembaruan pada aplikasi perlu dilakukan untuk mengimbangi perkembangan teknologi dan keamanan," ungkap Meta seperti dilansir dari The Verge, Kamis, 29 Desember 2022.

Melalui laman FAQ-nya, WA mensyaratkan spesifikasi minimal sistem operasi supaya ponsel dapat menjalankan WhatsApp. Setidaknya ponsel harus memiliki sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean dan iOS 12.

Ponsel juga harus bisa menerima SMS atau panggilan lantaran WhatApp memiliki mekanisme mengirmkan kode verifikasi melalui salah satu dua cara itu.

Berkat penghentian pembaruan ini, ada puluhan ponsel yang sudah tidak bisa lagi digunakan untuk berkirim pesan melalui WhatsApp per 31 Desember.

Ponsel-ponsel pintar jadul itu keluaran sekira 10 tahun lalu. Sudah cukup tua untuk usia ponsel pintar yang terus menerus mengalami perkembangan pesat.

Untuk ponsel keluaran iPhone, WhatsApp sudah lagi tidak bisa digunakan pada iPhone 5 dan 5c. Pembaruan terakhir dua ponsel ini mentok di iOS 10.

Untuk ponsel Android, WhatsApp tidak bisa dipakai di ponsel Huawei Ascend D, Ascend D1, Ascend D2, Ascend G740, Ascend Mate, Ascend P1 dan Ascend D quad XL. Aplikasi ini juga tidak mendukung untuk digunakan di Lenovo A820.

Untuk ponsel keluaran Samsung, WhatsApp tamat digunakan di Galaxy Ace 2, Galaxy Core, Galaxy S2, Galaxy S3 mini, Galaxy Trend II, Galaxy Trend Lite dan Galaxy Xcover 2.

Ponsel LG keluaran lama juga tidak bisa untuk berkirim pesan WhatsApp. Jumlahnya sekira 20 tipe. Antara lain LG Enact, Lucid 2, Optimus 4X HD, Optimus F3, Optimus F3Q, Optimus F5, Optimus F6, Optimus F7, Optimus L2 II dan Optimus L3 II.

Selain tipe itu, terdapat pula LG Optimus L3 II Dual, Optimus L4 II Dual, Optimus L5, Optimus L5 Dual, Optimus L5 II, Optimus L7, Optimus L7 II, Optimus L7 II Dual dan Optimus Nitro HD. Semuanya sudah layak dipensiunkan.

Ponsel keluaran Sony yang tak bisa lagi menggunakan WhatsApp antara lain Xperia Arc S, Xperia miro, Xperia Neo L, Wiko Cink FIve dan Wiko Darknight ZT.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat

HOT MINGGU INI


FOKUS MINGGU INI


BOLA