Thursday, 22 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Politik

Resmi !! 17 Parpol Siap Bertarung di Pemilu 2024

Rahman Hasibuan - 14/12/2022 21:53

Beritacenter.COM - Sebanyak 17 Partai Politik (Parpol) resmi disahkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk bertarung di Pemilu 2024. Sedangkan Partai Ummat dinyatakan tidak lolos karena tidak memenuhi syarat (TMS) dalam tahapan verifikasi faktual.

"Menetapkan 17 partai politik yang memenuhi syarat sebagai peserta pemilihan umum 2024," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari membacakan surat keputusan KPU RI di kantornya, Jakarta, Rabu (14/12/2022).

Tujuh belas parpol yang lolos itu terdiri atas sembilan partai parlemen, lima partai non-parlemen, dan tiga partai baru. Sembilan partai parlemen adalah sebagai berikut:

PKB
Gerindra
PDI-P
Golkar
Nasdem
PKS
PPP
PAN
Partai Demokrat

Lima partai non-parlemen adalah:

Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
Partai Perindo
Partai Bulan Bintang (PBB)
Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda)

Tiga partai baru yang lolos adalah:

Partai Buruh
Partai Kebangkitan Nusantara (PKN)
Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora)

Partai parlemen dinyatakan lolos setelah berhasil memenuhi syarat (MS) dalam proses verifikasi administrasi. Sedangkan partai non-parlemen dan partai baru lolos setelah dinyatakan MS dalam proses verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

Partai Ummat merupakan satu-satunya partai yang mengikuti proses verifikasi faktual, tapi dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). Partai besutan Amien Rais itu dinyatakan TMS secara nasional karena TMS di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sulawesi Utara (Sulut).




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA