Thursday, 09 Feb 2023
Temukan Kami di :
Kesehatan

Inilah Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur untuk Kesehatan

Rahman Hasibuan - 06/12/2022 21:15

Beritacenter.COM - Meminum susu sebelum tidur merupakan kegiatan yang harus dicoba untuk kesehatan tubuh. Meminum susu sebelum tidur bisa berdampak pada kita tidur.

Salah satu minuman yang dianggap sangat cocok untuk dikonsumsi sebelum tidur adalah susu. Dampak luar biasa minum susu sebelum tidur ini adalah karena kandungan tritofan dan melatonin di dalamnya.

Masalah tidur yang dialami di malam hari ini bukanlah sebuah hal yang bisa dikesampingkan begitu saja. Terjadinya masalah ini bisa sangat berpengaruh keesokan harinya baik secara kesehatan, mental, maupun pada produktivitas kerja.

Oleh karena itu, minum susu di malam hari bisa menjadi cara yang tepat untuk menghindari masalah tidur ini. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah manfaat yang bisa diperoleh dari konsumsi susu di malam hari.

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Susu dan produk olahan susu memiliki kandungan asam amino berupa tritofan yang bisa memecah protein dalam tubuh. Ketika dikonsumsi, tubuh menggunakan tritofan untuk menciptakan enzim seperti serotonin dan letanonin yang baik untuk mood dan memengaruhi siklus tidur. Hal ini berdampak sangat baik terhadap kualitas tidur terutama bagi mereka yang memang memiliki masalah tidur.

2. Meningkatkan Temperatur Tubuh dan Mempermudah Tidur

Segelas susu hangat bisa membantu seseorang tidur secara lebih cepat. Pasalnya, susu hangat bisa meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh termasuk hingga kaki dan tangan. Hal ini bisa membuat tubuh berada pada temperatur yang ideal demi kualitas tidur yang lebih baik.

3. Mengurangi Kecemasan

Sebuah penelitian mengungkap bahwa minum susu di malam hari memiliki efek luar biasa pada tidur dan menghilangkan masalah kecemasan dibanding ketika mengonsumsinya di siang hari. Konsumsi susu malam hari bisa menenangkan sistem saraf tubuh sehingga menurunkan kecemasan dan membuat tidur lebih baik. Selain itu, kandungan tritofan pada susu juga bisa membantu mengurangi rasa cemas yang mungkin dialami tubuh.

4. Melemaskan Otot

Penelitian mengungkap bahwa susu memiliki kandungan yang bisa membantu otot menjadi lebih lemas. Ketika otot menjadi lebih santai dan lemas, hormon stres yaitu kortisol di dalam tubuh menjadi menurun sehingga pikiran menjadi tenang dan siap untuk tidur.

5. Menghilangkan Masalah Sulit Tidur

Kombinasi antara olahraga dan minum susu bisa menjadi cara mengatasi masalah sulit tidur terutama pada lansia. Seiring bertambahnya usia, tingkat melatonin dan serotonin dalam tubuh terus berkurang sehingga lebih sulit tidur.

Kondisi yang terjadi pada lansia ini bisa berujung sejumlah masalah tidur seperti insomnia. Susu bisa membantu mengatasi masalah ini karena keberadaan tritofan yang bisa membantu tidur secara lebih mudah.

 




Berita Lainnya

6 Manfaat Konsumsi Bawang Putih Mentah Setiap Hari

08/02/2023 17:55 - Rahman Hasibuan

5 Manfaat Mandi Malam Bagi Kesehatan

07/02/2023 16:57 - Rahman Hasibuan

Ini Manfaat Terong Ungu Bagi Kesehatan Tubuh

07/02/2023 00:59 - Baharuddin Kamal

Ini Manfaat Buncis Bagi Kesehatan Tubuh

03/02/2023 16:31 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat


BOLA