Thursday, 09 Feb 2023
Temukan Kami di :
Kesehatan

Mudah ! Begini Cara Atasi Badan Lemas-Pegal usai Bepergian Jauh

Baharuddin Kamal - 02/12/2022 23:00 Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Perjalanan jauh seringkali membuat kamu kelelahan hingga badan lemas dan mual. Jika terus diforsir untuk beraktivitas, badan justru bisa makin drop dan berujung sakit. Oleh sebab itu, kamu kudu istirahat sejenak untuk mengisi ulang energi yang sudah habis.

Salah satu penyebab tubuh lelah setelah bepergian adalah kurang tidur. Maka dari itu, segera istirahat usai sampai dirumah. Usahakan tidur cukup setidaknya enam sampai delapan jam setiap malam. Hindari begadang yang justru bisa membuat tubuh lemas.

Tips Mengatasi Badan Lemas Setelah Bepergian
Selain istirahat dengan tidur cukup, berikut tips lain untuk mengatasi badan lemas:

1. Mandi di pagi hari
Setelah beristirahat cukup, segera mandi di pagi hari agar tubuh menjadi segar. Mandi di pagi hari nyatanya bisa memperlancar sirkulasi darah sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh, lho! Sebab, mandi di pagi hari akan merangsang tubuh untuk memproduksi sel darah putih lebih banyak. Nah, sel-sel ini yang berfungsi menangkal serangan berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit.

2. Cukupi kebutuhan cairan
Kurang minum bisa membuat tubuh dehidrasi sehingga membuat badan semakin lemah. Cukupi kebutuhan cairan dengan rutin minum air putih minimal delapan gelas sehari. Air putih adalah pilihan terbaik ketimbang lainnya karena tidak ada tambahan apapun. Hindari meminum teh atau kopi yang mengandung kafein. Zat ini bisa menyebabkan gangguan tidur sehingga mengganggu waktu istirahat. Bukan itu saja, kafein juga bisa memicu asam lambung sehingga mual bisa semakin parah.

3. Pijat
Bepergian juga kerap membuat tubuh pegal-pegal. Nah, pijat adalah salah satu solusi terbaik untuk mengatasinya. Pijat memberikan efek relaksasi santai sekaligus menghilangkan stres.

Sebab, praktek ini dapat mempengaruhi sistem saraf perifer, meningkatkan rangsangan dan konduksi impuls saraf serta mempercepat proses regenerasi (pemulihan) saraf. Semua efek terhadap saraf tersebut mampu melemahkan dan menghentikan rasa sakit. Alhasil, pegal-pegal bisa teratasi.

4. Menghirup aromaterapi
Aromaterapi punya sifat relaksasi dan menenangkan. Aromanya juga ampuh untuk mengurangi rasa mual. Kamu bisa memilih aroma minyak peppermint yang menyegarkan sehingga mampu mengembalikan energi yang hilang. Selain dihirup, aromaterapi juga bisa dioleskan pada atubuh sambil dipijat.

5. Perhatikan pola makan
Meski sedang kelelahan, kamu tetap tidak boleh melewatkan waktu makan. Melewatkan waktu makan justru bisa memicu asam lambung sehingga memperparah mual. Pastikan makanan yang kamu konsumsi sehat dan bergizi seimbang. Kamu boleh menikmati makanan mewah, berlemak atau makanan cepat saji. Namun, usahakan jangan sampai berlebihan, ya. Pastikan juga diimbangi dengan buah dan sayur.

Buah-buahan dan sayuran mengandung vitamin, mineral, serta antioksidan yang mampu menjaga daya tahan tubuh. Serat di dalamnya juga menjaga pencernaan tetap lancar. Alhasil, kamu tidak mudah sakit dan lebih berenergi.




Berita Lainnya

6 Manfaat Konsumsi Bawang Putih Mentah Setiap Hari

08/02/2023 17:55 - Rahman Hasibuan

5 Manfaat Mandi Malam Bagi Kesehatan

07/02/2023 16:57 - Rahman Hasibuan

Ini Manfaat Terong Ungu Bagi Kesehatan Tubuh

07/02/2023 00:59 - Baharuddin Kamal

Ini Manfaat Buncis Bagi Kesehatan Tubuh

03/02/2023 16:31 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat


BOLA