Thursday, 09 Feb 2023
Temukan Kami di :
Kesehatan

Awas ! Ini Bahayanya Jika Salah Membedong Bayi

Baharuddin Kamal - 02/12/2022 01:00 Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Bedong bayi adalah teknik membalut tubuh bayi, terutama bayi baru lahir, dengan selimut atau kain bedong (lampin). Konon, teknik ini dapat membuat bayi merasa nyaman, hangat, dan terlindungi seperti berada di dalam rahim ibu atau sedang dipeluk erat.

Banyak orang tua memilih membedong bayinya karena dianggap dapat memberikan beberapa manfaat, seperti menenangkannya ketika rewel dan sulit tidur, membuatnya tidur terlelap dan tidak mudah terbangun, serta tidak mudah terganggu dari waktu istirahatnya

Risiko Bedong Bayi yang Perlu Diwaspadai
Di balik manfaatnya, tradisi bedong bayi juga memiliki sejumlah risiko, terutama jika cara bedongnya salah. Berikut ini adalah beberapa bahaya akibat teknik bedong bayi yang salah:

1. Kelainan bentuk panggul
Perlu diketahui, membedong dengan tujuan agar kaki bayi tidak bengkok adalah cara yang keliru. Jika bedong terlalu ketat dengan posisi kaki dirapatkan dan diluruskan, ada kemungkinan bayi berisiko lebih tinggi untuk mengalami displasia panggul.

Displasia panggul adalah kondisi ketika posisi panggul bergeser dan tidak sejajar satu sama lain. Kondisi ini membuat posisi kedua kaki bayi berbeda satu sama lain, sehingga bisa menyebabkan pincang saat berjalan nanti.

Ketika di dalam rahim, kaki bayi berada dalam posisi bengkok dan menyilang satu sama lain. Bila Bunda memaksa kaki bayi untuk lurus, maka sendi-sendinya dapat mengalami pergeseran dan merusak tulang rawannya.

2. Sindrom kematian mendadak pada bayi (SIDS)
Sudden infant death syndrome (SIDS) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bayi yang berusia di bawah satu tahun dan terlihat sehat, tiba-tiba meninggal dunia tanpa diketahui penyebabnya. SIDS sering terjadi saat bayi sedang tidur.

Bayi berisiko mengalami SIDS apabila saat dibedong ia mengubah posisi menjadi menyamping atau telungkup. SIDS juga bisa terjadi bila bedong bayi terlalu longgar, sehingga kain berisiko bergeser dan menutupi mulut dan hidung bayi. Hal ini bisa membuat bayi sulit bernapas.

Selain itu, bedong bayi yang terlalu ketat dapat membuat bayi menjadi kepanasan dan meningkatkan risiko SIDS.




Berita Lainnya

6 Manfaat Konsumsi Bawang Putih Mentah Setiap Hari

08/02/2023 17:55 - Rahman Hasibuan

5 Manfaat Mandi Malam Bagi Kesehatan

07/02/2023 16:57 - Rahman Hasibuan

Ini Manfaat Terong Ungu Bagi Kesehatan Tubuh

07/02/2023 00:59 - Baharuddin Kamal

Ini Manfaat Buncis Bagi Kesehatan Tubuh

03/02/2023 16:31 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat


BOLA