Thursday, 23 Mar 2023
Temukan Kami di :
Nasional

Fantastis! KTT G20 Bali Hasilkan Proyek Senilai Rp 4.800 T untuk Indonesia

Lukman Salasi - 29/11/2022 13:31

BeritaCenter.COM – Indonesia sebagai tuan rumah dinilai berhasil menyelenggarakan KTT G20 di Bali. Salah satu keberhasilan itu terlihat dari ratusan proyek bernilai ribuan triliun yang telah disepakati.

Hal ini diungkap oleh Presiden Jokowi lewat akun Instagram resminya @jokowi, yang dikutip Selasa 29 November 2022.

Jokowi mengungkap ada 366 proyek yang telah disepakati dengan total nilai dari proyek tersebut US$ 309,4 miliar atau setara Rp 4.857 triliun (kurs Rp 15.700). Total proyek itu terdiri dari 226 proyek yang bersifat multilateral senilai US$ 238 miliar dan 140 proyek bilateral dengan nilai US$ 71,4 miliar.

"Semua proyek ini perlu segera ditindaklanjuti dan dieksekusi dengan cepat," kata Jokowi.

Jokowi meminta jajarannya yang tergabung dalam gugus tugas KTT G20 untuk menindaklanjuti berbagai kesepakatan itu. Perintah itu disampaikan dalam rapat terbatas terkait evaluasi pelaksanaan KTT G20.

"Gugus tugas ini masing-masing menindaklanjuti secara detail kesepakatan dengan Amerika Serikat, dengan Persatuan Emirat Arab, dengan Korea Selatan, Jepang, RRT, dan seterusnya," lanjut Jokowi.

Jokowi juga meminta jajarannya untuk memastikan berbagai kesepakatan bisa terealisasi di lapangan. Ia mencontohkan komitmen dari pemerintah Amerika Serikat melalui skema Partnership for Global Infrastructure Investment sebesar US$ 600 miliar.

"Saya juga meminta jajaran pemerintah untuk mengawal percepatan berbagai komitmen investasi agar bisa terealisasi di lapangan. Misalnya, komitmen dari pemerintah Amerika Serikat melalui skema Partnership for Global Infrastructure Investment sebesar 600 miliar dolar AS," tuturnya.

Selain itu, Jokowi juga ingin komitmen senilai US$ 20 miliar untuk pengembangan kendaraan listrik berbasis fosil terealisasi di lapangan. Komitmen didapat melalui Just Energy Transition Partnership.

"Begitu juga dengan komitmen investasi dari Jepang, Inggris, Korea Selatan untuk MRT Jakarta, Turki untuk pembangunan jalan tol Trans-Sumatra dan lain-lain," pungkas Jokowi.




Berita Lainnya

Gudang Sembako di Cipinang Hangus Terbakar

21/03/2023 14:30 - Rahman Hasibuan
Kemukakan Pendapat


BOLA