Monday, 06 Feb 2023
Temukan Kami di :
Ekonomi

Biaya Transfer Hanya Rp 2.500, 106 Bank Telah Jadi Peserta BI-FAST

Lukman Salasi - 28/11/2022 13:09

BeritaCenter.COM – Bank yang menjadi peserta BI-FAST terus bertambah banyak. Sejak diluncurkan pada 21 Desember 2021, total jumlah peserta BI-FAST kini ada 106 bank. Dengan demikian, semakin banyak bank yang menyediakan biaya transfer beda bank Rp 2.500 sekali transaksi.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, tahapan implementasi BI-FAST oleh bank kepada nasabahnya disesuaikan dengan strategi dan rencana bank dalam mempersiapkan kanal pembayarannya.

"Perluasan kepesertaan BI-FAST yang terus dilakukan, diharapkan memenuhi kebutuhan masyarakat termasuk stakeholders BI terhadap layanan sistem pembayaran ritel yang CEMUMUAH (Cepat, Mudah, Murah, Aman, Andal)," jelasnya dalam keterangan tertulis, Senin 28 November 2022.

Terbaru, bank yang jadi peserta BI-FAST bertambah sebanyak 29 bank. Penambahan ini masuk pada batch kelima.  Bank yang bergabung pada batch kelima ini antara lain 12 Bank Pembangunan Daerah (BPD), baik konvensional, syariah maupun Unit Usaha Syariah.

"Bergabungnya 12 BPD tersebut diharapkan dapat memberikan kesempatan yang lebih luas bagi masyarakat terutama di setiap daerah untuk memanfaatkan layanan BI-FAST. Selain itu, guna mengefisienkan penyediaan infrastruktur, 16 dari 29 Bank Peserta batch kelima memanfaatkan infrastruktur multitenancy (multi banks one connector)," tambahnya.

BI-FAST adalah infrastruktur sistem pembayaran yang disediakan BI, dapat diakses melalui aplikasi yang disediakan industri sistem pembayaran untuk memfasilitasi transaksi pembayaran ritel bagi masyarakat. Layanan BI-FAST merupakan wujud komitmen BI bersama industri sistem pembayaran dalam mendorong akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan nasional.




Berita Lainnya

Begini Cara Bulog Agar Harga Beras Bisa Turun

03/02/2023 13:54 - Lukman Salasi

BPS Ungkap Harga Beras Terus Mengalami Kenaikan

02/02/2023 11:30 - Lukman Salasi
Kemukakan Pendapat


BOLA