Monday, 06 Feb 2023
Temukan Kami di :
Nasional

Fix! Ini Klaster Pertama yang Akan Jadi Penghuni IKN Nusantara

Lukman Salasi - 28/11/2022 10:05

BeritaCenter.COM - Pemerintah mengatakan telah membagi lima klaster yang akan pindah menempati Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Klaster pertama akan mulai pindah pada tahun 2024.

"Siapa saja yang pindah? Di dalam rencana induk kami bagi pada lima klaster yang pindah ke IKN. Klaster pertama pemerintahan seharusnya pindah di tahap pertama pada tahun 2024," kata Fungsional Perencana Ahli Utama, Kementerian PPN/Bappenas Hayu Parasati dalam keterangannya yang dikutip, Senin 28 November 2022.

Klaster pertama mencakup Presiden dan Wakil Presiden, Lembaga Tinggi Negara. Termasuk di antaranya adalah MPR, DPR, mahkamah agung, mahkamah konstitusi, komisi yudisial, dan BPK.

Beberapa kementerian juga akan pindah pertama kali di antaranya Kementerian Koordinator yakni Kemenko Perekonomian, Kemenko Polhukam, Kemenko PMK dan Kemenko Marves. Lalu Kementerian 'Triumvirat' yakni Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian Pertahanan karena dapat menjadi Plt. Kepresidenan dalam kondisi mendesak apabila Presiden dan Wapres berhalangan menjalankan tugas secara bersamaan.

Klaster pertama pemerintahan juga mencakup kementerian atau lembaga negara yang mendukung kerja presiden dan wakil presiden secara langsung, yakni Kementerian Sekretariat Negara, Sekretariat Kabinet, Kantor Staf Presiden, dan Dewan Pertimbangan Presiden.


Lalu kementerian atau lembaga negara yang mendukung proses perencanaan, penganggaran dan kinerja pembangunan yakni Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Keuangan, Kemenpan RB, serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Selanjutnya Kementerian yang mendukung penyiapan infrastruktur dasar di IKN yakni Kemenkominfo, Kementerian PUPR, Kementerian ATR/BPN. Lalu alat pertahanan dan keamanan serta kementerian/lembaga negara yang mendukung penegakan hukum seperti Kemenkumham, TNI-Polri, Kejaksaan Agung, KPK, dan sebagainya.

Serta Lembaga Negara Independen dan Badan Publik antara lain Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Lembaga Penjamin Simpanan, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.




Berita Lainnya

Waspada! Kasus Gagal Ginjal Akut Kembali Muncul

06/02/2023 11:24 - Lukman Salasi

Gunung Kerinci Kembali Erupsi

03/02/2023 20:25 - Rahman Hasibuan
Kemukakan Pendapat


BOLA