Monday, 06 Feb 2023
Temukan Kami di :
Kriminal

Polisi Ringkus Komplotan Maling Spesialis Rest Area Tol Merak Hingga Solo

Aisyah Isyana - 25/11/2022 14:25

Beritacenter.COM - Komplotan maling spesialis rest area tol klintas provinsi berhasil dibekuk jajaran Polres Semarang. Dalam menjalankan aksinya, para pelaku mengincar korban yang tengah beristirahat di rest area tol di Jawa Tengah hingga di Banten.

Kapolres Semarang AKBP Yovan Fatika mengatakan, pihaknya meringkus pelaku berinisial E (38) di Kota Cilegon, Banten, Selasa (22/11) lalu. Sementara tiga orang anggota komplotan lainnya ditangkap anggota Polres Boyolali.

"Akhirnya kita kembangkan ternyata dia tidak sendirian ada 3 sampai 4 orang yang melakukan kegiatan ini. Begitu kita dalami ternyata di hari yang sama itu Polres Boyolali telah mengamankan juga ada 3 orang ternyata mereka adalah 1 komplotan," ujar Yovan dalam jumpa pers, Jumat (25/11/2022).

Polisi mengungkap kejahatan E dan komplotannya usai beraksi di rest area Km 429 Unggaran pada 8 November 2022. Para pelaku mencuri 3 buah tas berisi uang Rp14 juta, handphohe, dan sejumlah perhiasan dari dalam mobil. Tas berisi barang berharga itu miliki korban bernama Arik Bagus yang kemudian melaporkan insiden itu ke polisi.

Setelah melakukan penyelidikan lebih lanjut, polisi akhirnya berhasil meringkus komplotan maling tersebut. Yovan menyebut para pelaku cukup terlatih, terlebih mereka juga residivis di kasus yang sama. Selain beraksi di Unggaran, kelompok ini juga menyasar korban di rest area tol Merak hingga Jawa Tengah.

"Nah ini ternyata telah kita buka filenya mereka ini pernah melakukan hal yang sama, bisa kita sampaikan mereka ini residivis. Yang bersangkutan ini sudah sering melakukan tindak pidana yang sama di beberapa rest area yang ada di sepanjang tol dari Merak sampai dengan Solo. Berdasarkan keterangan dan bukti yang kita dapat," imbuhnya.

Lebih lanjut, Yovan turut mengimbau masyarakat agar dapat lebih berhati-hati saat tengah beristirahat di rest area, apalagi dalam kondisi tubuh yang lelah usai berkendara.

"Kami sampaikan kepada masyarakat tentunya saat mungkin saat istirahat di rest area badan capek untuk barang-barang berharganya tidak diletakkan ditempat yang mudah dijangkau oleh orang lain. Bisa disimpan dulu atau tas nya bisa dikenakan dulu agar semuanya aman," imbaunya.




Berita Lainnya

Si Gondrong "Jualan Sabu" Dicokok Polisi

06/02/2023 07:14 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA