Thursday, 22 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
News

Dukung Normalisasi Ciliwung Cegah Banjir, Gerindra DKI : Jangan Sampai Timbulkan Konflik

Normalisasi harus kita dukung penuh, karena itu hanya itu caranya. Untuk atasi banjir ya sungai-sungai itu dinormalisasi. Yang paling penting dari semua itu, saya titip pesan tidak timbulkan konflik di masyarakat

Aisyah Isyana - 11/11/2022 09:32

Beritacenter.COM - Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menargetkan pelaksanaan normalisasi kali Ciliwung sepanjang 4,8 kilometer. Gerindra DKI mengaku mendukung penuh upaya itu guna mencegah banjir, dan berharap tak menimbulkan konflik di masyarakat.

"Normalisasi harus kita dukung penuh, karena itu hanya itu caranya. Untuk atasi banjir ya sungai-sungai itu dinormalisasi," kata Sekretaris Komisi D DPRD DKI, Syarif, saat dihubungi, Kamis (10/11/2022).

"Apakah relokasi atau tidak, kita serahkan ke kebijakan gubernur. Yang paling penting dari semua itu, saya titip pesan tidak timbulkan konflik di masyarakat," sambungnya.

Syarif menyebut upaya normalisasi sungai yang dilakukan Gubernur DKI sebelumnya, Anies Baswedan, dilakukan dengan metode tidak merelokasi warga, namu memberi kompensasi.

"Selama lima tahun kepemimpinan Anies, normalisasi sungai tidak gunakan metode relokasi, sehingga bukan relokasi itu, tapi pembayaran kepada warga memiliki tanah, kemudian warga cari sendiri (tempat tinggal), entah ngontrak, beli lagi," katanya.

Untuk itu, Syarif turut menyoroti pentingnya bagi warga-warga terdampak relokasi adalah kompensasi. Untuk itu, dia berharap agar komunikasi terkait kompensasi dapat dilakukan dengan baik, tanpa adanya konflik.

"Saya titip, pesan wanti-wanti hindari konflik dengan masyarakat, karena masyarakat ingin pembebasan lahan cocok harganya," jelas Syarif.

Sebelumnya, Heru Budi Hartono menargetkan pelaksanaan normalisasi kali Ciliwung dapat terealisasi sepanjang 4,8 km. Adapun target itu bakal dicapai Heru selama memimpin Jakarta.

"4,8 km. Itu panjangnya. Timur dan selatan yang memang harus pengendalian banjir. Kan pemda dituntut supaya tidak banjir," kata Heru Budi Hartono di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (8/11) lalu.

Lebih lanjut, Heru menyebut pihaknya memiliki dua opsi guna menangani warga terdampak normalisasi. Pertama, warga pemilik lahan akan diberikan ganti rugi, kemudian kedua warga akan dipindahkan ke rumah susun milik Pemprov DKI.




Berita Lainnya

Pesan Haru Alam Ganjar Puji Perjuangan Sang Ayah

15/02/2024 18:38 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA