Thursday, 22 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Teknologi

Tak Mau Kalah dengan Elon Musk, Pendiri Twitter Buat Platform Media Sosial Baru

Aisyah Isyana - 02/11/2022 00:11

Beritacenter.COM - Perusahaan media sosial Twitter telah resmi jadi milik Elon Musk, setelah dibeli seharga USD 44 miliar. Pendiri sekaligus mantan CEO Twitter, Jack Dorsey, seakan tak ingin kalah dan disebut bakal segera memamerkan media sosial buatannya dalam waktu dekat.

Kini, Dorsey diketahui telah mendirikan 'Bluesky', yang merupakan aplikasi media sosial berbasis blockchain. Bahkan, seminggu sebelum Musk akhirnya mengkuisisi Twitter, Dorsey telah mengumumkan aplikasi Bluesky, yang tengah mencari beta tester guna uji coba beta tertutup.

Dua hari pasca pengumuman ujicoba beta, Bluesky telah mendapat lebih dari 30 ribu pendaftar yang masuk dalam daftar tunggu. Dimana pengguna masih dapat mendaftar guna bergabung menjadi beta tester, sebelum akhirnya platform Bluesky tersedia secara publik, seperti dikutip Business Insider, Selasa (1/11/2022).

Sejauh ini, Dorsey masih belum membagikan banyak informasi terkait fitur-fitur Bluesky. Dia menyebut Bluesky ini bakal menjadi pesaing bagi perusahaan yang berupaya memiliki dasar-dasar media sosial atau data orang-orang yang menggunakannya.

Sebagaimana dalam situs resminya, Bluesky menyebut mereka bertujuan guna mendukung fondasi baru untuk jejering sosial yang memberikan kebebasan bagi kreator dari dari platform, developer kebebasan untuk membangun, dan pengguna bebas memilih pengalamannya.

Adapun salah satu keunggulan Bluesky, yakni teknologi mereka yang bernama 'AT Protocol'. Dimana teknologi ini dapat memungkinkan pengguna mengontrol algoritma, sehingga pengguna dapat memilih pengalaman sesuai keinginan mereka.

Sejatinya, Bluesky sendiri bukanlah proyek baru buatan Dorsey. Namun, proyek ini diinisiasi Twitter pada 2019 lalu, dengan menggaet lima arsitek open source, enginer, dan desainer guna menciptkan media sosial yang terbuka dan terdesentralisiasi.

Sekedar diketahui, Jack Dorsey telah meninggalkan Twitter sejak November 2021 lalu, demi fokus untuk memimpin perusahaan fintech bernama Block. Sebelumnya, Dorsye telah menjabat CEO Twitter sejak tahun 2015, hingga akhirnya posisinya digantikan Prag Agrawal.

Kini, posisi Agrawal sebagai CEO Twitter telah dilengserkan oleh pemilik baru Twitter, Elon Musk. Tak hanya Agrawal, Musk juga memecat CFO Twitter Ned Segal dan Chief Legal Counsel Vijaya Gade.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA