Wednesday, 07 Dec 2022
Temukan Kami di :
Hasanah

4 Doa agar Terhindar KDRT, Perselingkuhan, Perceraian

Rahman Hasibuan - 05/10/2022 22:53

DOA agar terhindar KDRT, perselingkuhan, perceraian. Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) mendadak jadi pembahasan publik Tanah Air setelah heboh artis Lesty Kejora melaporkan suaminya Rizky Billar yang diduga melakukan tindakan tersebut.

Diketahui bahwa setiap mahligai rumah tangga tentu pernah melalui berbagai permasalahan. Baik suami maupun istri harus bisa menghadapi segala bentuk badai yang terjadi dengan bijak dan kepala dingin.

Namun, terdapat beberapa prahara yang sangat ditakuti dan dihindari oleh sepasang suami istri, mulai KDRT, perselingkuhan, hingga perceraian.

Oleh karena itu, berbagai upaya dilakukan untuk terhindar dari prahara rumah tangga tersebut. Namun demikian, bagi seorang Muslim usaha dan cara-cara lahiriah tentunya belum cukup untuk mewujudkan cita-cita itu.

Sebagaimana diketahui bahwa kebahagiaan, kedamaian, ketenteraman dan hidup saling rukun merupakan urusan hati. Diketahui juga bahwa hati setiap manusia ada di dalam genggaman Allah Azza wa JAlla. Dia dapat dengan mudah membolak-balikkannya.

Maka itu, untuk mencapai semua itu mesti ada campur tangan Allah Subhanahu wa ta'ala. Secara lahir usaha-usaha tertentu perlu dilakukan demi terciptanya keluarga yang penuh dengan kebahagiaan.

Secara batiniah doa-doa perlu dipanjatkan kepada Allah Azza wa Jalla untuk mewujudkan rumah tangga yang bahagia penuh dengan keberkahan.

Dalam sebuah riwayat ada satu doa yang diajarkan kepada kaum Muslimin untuk mewujudkan rumah tangga yang bahagia penuh dengan keberkahan. Doa tersebut sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْ أَهْلِيْ وَبَارِكْ لَهُمْ فِيَّ وَارْزُقْنِيْ مِنْهُمْ وَارْزُقْهُمْ مِنِّي. اَللّٰهُمَّ اجْمَعْ بَيْنَنَا مَا جَمَعْتَ إِلَى خَيْرٍ وَفَرِّقْ بَيْنَنَا إِذَا فَرَّقْتَ إِلَى خَيْرٍ

Allâhumma bârik lî fî ahlî wa bârik lahum fiyya warzuqnî minhum warzuqhum minnî. Allâhummajma’ bainanâ mâ jama’ta ilâ khairin wa farriq bainanâ idzâ farraqta ilâ khairin.

Artinya: "Ya Allah, berkahilah aku di dalam keluargaku dan berkahilah mereka di dalam diriku. Berilah aku rezeki dari mereka dan berilah mereka rezeki dariku. Ya Allah, kumpulkan kami menuju kebaikan dan pisahkan kami bila Engkau pisahkan menuju kebaikan."

Dalam satu riwayat dituturkan bahwa doa tersebut disampaikan oleh sahabat Abadullah bin Mas'ud kepada seorang laki-laki yang datang kepada beliau.

Laki-laki itu menceritakan jika dirinya baru saja menikah dengan seorang gadis, namun dia sangat khawatir kalau-kalau terjadi kebencian di antara keduanya hingga terjadi perpecahan.

Mendengar cerita itu Abdullah bin Mas'ud lalu menyarankannya agar ketika dia mendatangi istrinya maka lakukanlah sholat dua rakaat lalu membaca doa tersebut.

Dengan sering memanjatkan doa tersebut maka diharapkan pasangan suami istri akan saling rukun, saling mengisi dan menyempurnakan kekurangan dan saling membahagiakan satu sama lain. Dengan begitu maka Insya Allah akan tercipta keluarga bahagia yang penuh dengan keberkahan.

Selain itu, berikut beberapa doa yang bisa dipanjatkan oleh sepasang suami istri agar terhindar dari KDRT, perselingkuhan, hingga perceraian; sebagaimana telah Okezone himpun.

1. Doa agar dilimpahkan kasih sayang

وَاَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّيْ ەۚ وَلِتُصْنَعَ عَلٰى عَيْنِيْ ۘ

Wa alqaytu ‘alayka makhabbatan minnii walitushna’a ‘alaa ‘aynii.

Artinya: "Dan Aku telah tanamkan dari kemurahan-Ku perasaan kasih sayang orang terhadapmu, dan supaya engkau dibela dan dipelihara dengan pengawasan-Ku." (QS Taha: 39)

2. Doa agar menjadi keluarga sakinah

Doa untuk keluarga agar menjadi sakinah adalah sebagai berikut:

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Rabbana hablana min azwaajina wa dzurriyyatina qurrata a’yuniw waj’alna lil muttaqiena imaamaa.

Artinya: "Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertaqwa." (QS Al Furqan: 74)

3. Doa agar bahagia dunia dan akhirat

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Robbanà àtina fi dunya hasanah wa fi alàkhiroti hasanah, wa qinà adzàba annàr.

Artinya: "Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta peliharalah kami dari azab api neraka." (QS Al Baqarah: 201)

4. Doa agar diberi ketenangan dalam rumah tangga

الّلهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Allahumma inni asaluka nafsan bika muthmainnah, tu’minu biliqoika wa tardho bi qodhoika wataqna’u bi ’athoika.

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang tenang, yang percaya dengan pertemuan dengan-Mu dan menerima apa yang menjadi anugerah-Mu dan rela terhadap ketentuan-Mu."

Wallahu a'lam bisshawab.




Berita Lainnya

Ini Alasan Kucing Jadi Hewan Kesayangan Rasulullah

30/11/2022 13:40 - Rahman Hasibuan
Kemukakan Pendapat


BOLA