Monday, 28 Nov 2022
Temukan Kami di :
Internasional

Zelensky Klaim Pasukannya Sukses Rebut Kembali Puluhan Desa Ukraina dari Rusia

Aisyah Isyana - 05/10/2022 17:10

Beritacenter.COM - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengklaim pasukannya berhasil merebut kembali puluhan desa di wilayah Ukraina bagian selatan. Puluhan desa itu berhasil direbut kembali dari militer Rusia.

"Militer Ukraina dengan cukup cepat dan kuat bergerak maju di wilayah selatan," klaim Zelensky dalam pernyataan terbaru via media sosial, seperti dilansir AFP, Rabu (5/10/2022).

Zelensky menyebut puluhan pemikiman di wilayah selatan dan timur Ukraina telah berhasil direbut kembali dari Rusia. Zelensky merinci sejumlah wilayah yang berhasil direbut kembali, yakni di wilayah Kherson, Luhansk, dan Donetsk, yang secara resmi dicaplok Rusia pekan lalu.

Dimana pencaplokan itu dilakukan usai referendum yang digelar di wilayah-wilayah Ukraina itu, dimana hasilnya di klaim menunjukkan dukungan kuat untuk Moskow. Referendum itu mendapat banyak kecaman dari otoritas Kiev dan negara-negara barat.

Adapun area-area pemukiman yang diklaim Zelensky berhasil direbut kembali, sebagaimana menurut peta-peta yang dirilis Kementerian Pertahanan Rusia merujuk pada 8 pemukiman yang terletak di wilayah Kherson. Dimana pasukan Moskow telah menarik diri dari wilayah itu, usai mendapat sernagan balik dari pasukan Ukraina.

Dilihat dari peta terbaru yang dirilis Moskow, menampakkan pasukan Rusia telah menarik diri dari banyak area di Kherson, termasuk di sepanjang tepi barat Sungai Dnieper.

Sementara untuk wilayah Kharkiv, pemetaan menunjukkan pasukan Rusia hampir seluruhnya meninggalkan wilayah tepi timur Sungai Oskil.

"Tentara-tentara kita tidak berhenti. Dan hanya masalah waktu sebelum kita mengusir penjajah dari seluruh wilayah kita," tegas Zelensky.




Berita Lainnya

Wow, Ribuan Orang Pose Telanjang di Pantai

27/11/2022 13:02 - Anas Baidowi
Kemukakan Pendapat


BOLA