Wednesday, 07 Dec 2022
Temukan Kami di :
Hasanah

Ini Doa yang Dianjurkan untuk Dibaca saat Turun Hujan

Rahman Hasibuan - 04/10/2022 22:55

Sejumlah kawasan di Tanah Air sudah merasakan hujan. Beberapa daerah disebutkan bahwa curah hujan lumayan tinggi, bahkan tidak sedikit yang akhirnya banjir.

Ada sejumlah doa yang disarankan apabila hujan turun di sekitar kita. Harapannya, air yang turun dari langit tidak menimbulkan masalah, justru menjadi wasilah bagi kebaikan bersama.

Tanda-tanda akan turun hujan biasanya diawali dengan mendung. Kemusian lazimnya disusul dengan rintik hujan meski tidak selalu. Demikian juga turunnya air hujan yang menapak di bumi tidak mesti didahului mendung. Tetapi ketika air hujan tercurah ke bumi kita dianjurkan untuk berdoa.

Berikut ini doanya yang disarankan:

اَللَّهُمَّ صَيِّبًا هَنِيًّا وَسَيِّبًا نَافِعًا

Allâhumma shayyiban haniyyâ wa sayyiban nâfi‘â.

Artinya: Wahai Tuhanku, jadikan ini hujan terpuji kesudahannya dan menjadi aliran air yang bermanfaat. (Lihat: Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta).

Turunnya hujan mesti disyukuri sebagai bagian dari nikmat Allah SWT. Hanya saja kita harus memohon kepada-Nya agar hujan itu menambah berkah bagi sawah dan ladang petani, membawa hanyut debu jalanan di kota-kota dan di desa, dan membawa rezeki dengan segala bentuknya bagi semesta penduduk bumi.

Demikian pula hendaknya meminta perlindungan supaya hujan yang turun bukan justru menimbulkan bencana. Apalagi tidak jarang terdengar banjir bandang dan sejenisnya yang tentu saja marugikan manusia dan makhluk lainnya.

Oleh sebab itu, sudah selayaknya semua mencurahkan doa terbaik agar hujan yang turun disertai rahmat dan pertolongan. Amin ya rabbal alamin. Wallahu a‘lam.




Berita Lainnya

Ini Alasan Kucing Jadi Hewan Kesayangan Rasulullah

30/11/2022 13:40 - Rahman Hasibuan
Kemukakan Pendapat


BOLA