Monday, 28 Nov 2022
Temukan Kami di :
Ekonomi

Tarif Sedang Dikaji, Bima Arya Sebut Bus Transpakuan Bogor Masih Gratis

Baharuddin Kamal - 04/10/2022 16:07 Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Beritacenter.COM - Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan bahwa tarif Biskita Transpakuan hingga saat ini masih dikaji. Bima menyebut warga masih bisa menggunakan bus tersebut secara gratis.

"Pak Menteri sepakat bahwa kita segera menentukan usulan penetapan tarif. Jadi Pemkot Bogor akan melakukan kajian cepat untuk mengusulkan tarif dari Biskita Transpakuan ini. Sekarang masih gratis, kita buat kajian dulu berapa nanti tarifnya, mungkin targetnya awal tahun lah ya," kata Bima Arya setelah meninjau proyek pembangunan perpustakaan Kota Bogor, Selasa (4/10/2022).

Bima menerangkan, Biskita Transpakuan merupakan program Buy The Servise (BTS) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetaek (BPTJ). Biskita sendiri diketahui sudah beroprasi sejak Oktober 2021 secara gratis di 6 koridor.

Bima mengklaim Kemenhub memuji program BTS di Bogor. Dia mengatakan penumpang Biskita Transpakuan menjadi yang tertinggi dibanding kota-kota lain.

"Pak Menteri (Menhub Budi Karya Sumadi) mengapresiasi program BTS Kota Bogor, yang memang catatan load factor-nya itu paling tinggi di atas kota-kota lain," kata Bima.

Bima menyebutkan Pemkot Bogor sudah mengajukan dua koridor baru Biskita Transpakuan ke Kemenhub. Namun, katanya, keputusan penambahan koridor masih dibahas.

"Saat ini BTS ini sedang dievaluasi total oleh DPR, jadi pihak DPR melihat BTS di kota-kota lain banyak yang tidak berjalan maksimal. Jadi kami kami masih menunggu hasil itu. Jadi hasil komunikasi Kementerian Perhubungan dengan DPR akan menentukan apakah kita akan ditambah lagi atau tidak (koridor), karena masih dievaluasi," kata Bima.

"Kita sudah ajukan tambahan dua koridor, mungkin butuh ada sekitar 26 tambahan bis ya. Tetapi Pak Menteri bilang begitu, masih dievaluasi di DPR," sambungnya.




Berita Lainnya

OJK: Masyarakat Indonesia Makin Melek Keuangan

23/11/2022 11:09 - Lukman Salasi
Kemukakan Pendapat


BOLA