Wednesday, 07 Dec 2022
Temukan Kami di :
Kesehatan

Wajib Tahu ! Ini Manfaat Daun Kumis Kucing Bagi Kesehatan

Baharuddin Kamal - 03/10/2022 21:30 Daun Kumis Kucing.

Beritacenter.COM - Kumis kucing adalah salah satu tanaman yang terkenal hanya tumbuh di area Asia Tenggara, termasuk juga di Indonesia. Tanaman herbal ini kerap dijadikan obat herbal untuk memberikan manfaat kesehatan, terutama pada daunnya.

Beberapa khasiat utama dari tanaman ini yaitu sebagai antiradang, antioksidan, atau antibakteri. Maka dari itu, perlu tahu berbagai manfaat dari konsumsi tanaman yang memiliki nama latin Orthosiphon stamineus ini.

Berbagai Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan
Daun kumis kucing dapat dijadikan obat saat diolah menjadi teh herbal. Ada berbagai macam kandungan yang mampu menjaga kesehatan tubuh dan mengobati penyakit, seperti anti-hipertensi, diuretik, anti-jamur, anti-bakteri, dan anti-inflamasi.

Nah, berikut berbagai manfaat daun kumis kucing yang perlu diketahui:

1. Mencegah Tekanan Darah Tinggi
Tanaman ini dapat mencegah tekanan darah tinggi karena kandungan antioksidan dan antiinflamasinya. Kandungan pada daun ini mampu menyerang Enzim Pengubah Angiotensin melalui bantuan dari asam rosmarinic. Sehingga, peregangan pada pembuluh darah terjadi yang akhirnya mencegah tekanan darah.

2. Mengatasi Masalah pada Ginjal
Ekstrak daun dan batang dari tanaman ini dapat mengatasi batu ginjal. Hal ini disebabkan sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba yang ada dapat mencegah infeksi pada ginjal dan saluran kemih.

Selain itu, daun kumis kucing saat diolah menjadi teh memiliki sifat diuretik dan detoksifikasi alami, mampu mengeluarkan racun dari tubuh. Alhasil, batu ginjal dapat menghilang.

Bukan hanya itu, tanaman ini juga memiliki kandungan glikosida Orthosiphonin, yang mampu menjaga kesehatan ginjal dalam melarutkan asam urat, fosfat, dan oksalat. Dengan begitu, batu ginjal dapat diatasi dan juga dicegah untuk kambuh.

3. Mencegah Diabetes
Daun kumis kucing juga mengandung asam ursolat dan oleanolat, yang mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah di tubuh. Selain itu, tanaman ini juga memiliki sifat anti-inflamasi yang baik dalam pencegahan diabetes. Saat diolah menjadi teh, peningkatan leptin di dalam tubuh terjadi yang sangat baik dalam mengontrol gula darah.

4. Mengatasi Jamur
Tanaman kumis kucing memiliki sifat antijamur, salah satu fungsinya untuk mengatasi infeksi dari jamur, terutama yang disebabkan Candida Albicans. Infeksi jamur ini dapat menyebabkan infeksi saluran kencing dan candidemia. Maka dari itu, konsumsi olahan tanaman ini menjadi salah satu cara alami yang bisa dipilih untuk pengobatan.

Selain mengatasi infeksi jamur, tanaman ini juga mampu mengatasi gangguan yang disebabkan oleh virus, termasuk penyakit Dengue. Hal ini disebabkan adanya senyawa polisakarida, terpenda, alkaloid, dan fenolat yang ampuh untuk atasi gangguan disebabkan oleh virus.




Berita Lainnya

Awas ! Ini Bahayanya Jika Salah Membedong Bayi

02/12/2022 01:00 - Baharuddin Kamal

Mata Bintitan Karena Suka Ngintip Benarkah?

01/12/2022 19:09 - Anas Baidowi
Kemukakan Pendapat


BOLA