Tuesday, 27 Feb 2024
Temukan Kami di :
TAG HARI INI :
Gadget

Produksi Tak Jadi Digeber Gegara iPhone 14 Tak Laku, Bagaimana dengan iPhone 14 Pro?

Aisyah Isyana - 30/09/2022 13:55

Beritacenter.COM - Apple digadang-gadang batal menggeber produksi iPhone 14. Adapun hal itu lantaran smartphone anyar Apple itu disebut-sebut tak terlalu laku di pasaran.

Apple disebut memerintahkan para pemasok komponen iPhone 14 untuk tetap memproduksi komponen sesuai pesanan sebelumnya, yakni sekitar enam juta unit iPhone 14 di pertengahan kedua 2022, sebagaimana menurut sumber yang dikutip Bloomberg.

Hingga akhir 2022, Apple secara total menargetkan produksi 90 juta unit iPhone 14. Dimana jumlah itu kurang lebih sama dengan rencana awal yang diungkap Apple pada musim panas 2022. Jumlah itu kurang lebih sama dengan jumlah produksi iPhone 13 di periode 2021.

Adapun salah satu penyebab melemahnya penjualan iPhone 14 diduga ditenggarai karena situasi ekonomi buruk di China. Dimana analisis dari Jefferies menyebutkan, penjualan iPhone 14 di tiga hari pertama sejak dijual di China, terpantau turun 11% dibanding penjualan iPhone 13 tahun sebelumnya.

Tak hanya itu, inflasi tinggi dan resesi yang terjadi di sejumlah negara juga turut berdampak pada pasar ponsel global. Dimana kondisi pasar ponsel saat ini berubah dari terhambat akibat pasokan komponen terbatas, menjadi pasar dengan permintaan terbatas, menurut penelitian IDC Nabila Propal.

Laporan IDC menyebutkan, pengapalan ponsel turun 8,7% pada Q2 2022, menjadi kuartal keempat berutur-turut mengalami penurunan. Parahnya lagi, IDC memperkirakan pengapalan ponsel akan turun 6,5% menjadi 1,27 miliar unit selama tahun 2022.

Kendati permintaan iPhone 14 lemah, beberapa sumber menyebutkan jika permintaan iPhone 14 pro justru lebih tinggi ketimbang iPhone 14 dan 14 Plus. Dimana pemasok komponen bahkan sampai beralih memasok komponen untuk varian Pro dari varian reguler.

Selain itu, Analis Ming-chi Kuo juga menyebut jika Apple tengah menggenjot produksi iPhone 14 Pro, karena tingginya permintaan.

"Karena permintaan yang tinggi untuk model iPhone 14 Pro, survei terbaru saya mengindikasikan bahwa Apple telah meminta Hon Hai (Foxconn) untuk mengalihkan lini produksi iPhone 14 ke iPhone 14 Pro," kata Kuo dalam cuitannya di Twitter.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat

FOKUS MINGGU INI


BOLA