Monday, 28 Nov 2022
Temukan Kami di :
Ekonomi

40 Pemda Berhasil Turunkan Inflasi, Begini Caranya

Lukman Salasi - 30/09/2022 10:25

BeritaCenter.COM - Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ada 40 pemerintah daerah yang telah berhasil menurunkan atau meredam inflasi.  Atas keberhasil itu, pemerintah pusat kemudian memberikan apresiasi berupa dana insentif.

"Pemerintah juga memberikan dana insentif daerah atas kinerja tahun berjalan 2022, apresiasi diberikan kepada 40 pemerintah daerah, 10 pemerintah provinsi dan 30 pemerintah kabupaten atau kota dengan kategori kinerja penurunan inflasi," ungkap Luhut dalam keterangannya yang dikutip, Jumat 30 September 2022.

Luhut mengungkap cara pemda menurunkan inflasi. Antara lain, peningkatan operasi pasar, program pangan subsidi, pengembangan urban farming, dan perluasan kerja sama antar daerah.

Pemerintah daerah juga diminta untuk lebih banyak memfasilitasi distribusi pasokan pangan dan juga penguatan pemanfaatan data secara mendetil.

Luhut juga meminta pemerintah daerah lainnya yang inflasinya masih tinggi supaya belajar terhadap 40 pemerintah daerah yang berhasil meredam inflasi.

"Upaya 40 daerah ini bisa jadi lesson and learned (pelajaran) di daerah lainnya untuk melakukan kebijakan inflasi daerah," tegas Luhut.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan pemerintah pusat memberikan hadiah kepada pemerintah daerah yang berhasil menurunkan inflasi di bawah level nasional. Hadiah itu berupa dana insentif daerah atau DID, besarnya mencapai Rp 10 miliar per daerah.




Berita Lainnya

OJK: Masyarakat Indonesia Makin Melek Keuangan

23/11/2022 11:09 - Lukman Salasi
Kemukakan Pendapat


BOLA