Monday, 28 Nov 2022
Temukan Kami di :
Bisnis

BUMN Beri Kucuran Modal ke 336 Startup di Indonesia

Aisyah Isyana - 26/09/2022 15:24

Beritacenter.COM - Sejumlah perusahaan pelat merah turun berperan pada pengembangan perusahaan rintisan atau startup di Indonesia. Dimana pengembangan ini turut dilakukan melalui venture capital atau modal ventura BUMN.

Menteri BUMN, Erick Thohir menyebut pihaknya sejak awal memiliki venture capital yang tersebar di sejumlah BUMN, dimana venture capital ini telah berinvestasi ke 336 startup. Adapun ratusan startup itu ada yang berstatus soonicorn, atau startup yang berpotensi jadi unicorn.

"Kalau bapak ingat juga bagaimana sejak awal juga BUMN sudah mempunyai venture-venture capital, ada Mandiri Capital, BNI Ventures, ada Telkom, ada Telkomsel dan yang terakhir BNI saya minta untuk membuat venture capital," ujar Erick Thohir di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara BUMN Startup Day, Senin (26/9/2022).

"Dan venture capital yang ada di BUMN ini sudah berinvestasi kepada 336 startup yang memang kalau dilihat hari ini banyak juga yang sudah mulai menjadi soonicorn atau unicorn Bapak," sambungnya.

Tak hanya itu, Erick menyebut Merah Putih Fund juga telah diluncurkan guna mendukung pengembangan startup. Dimana Merah Putih Fund ini akan berinvestasi pada startup yang valuasinya relatif cukup besar.

Sementara soal suntikan investasi, Erick Thohir turut membeberkan sejumlah syarat, dimana antara lain pendirinya harus orang Indonesia dan perusahaannya harus beroperasi di Indonesia.

"Merah Putih Fund kita hadir, kita masuk ke investasi di situ tetapi dengan catatan foundernya orang Indonesia, perusahaannya harus beroperasi di Indonesia dan bayar pajak di Indonesia, dan bisa tentunya diprioritaskan untuk go public di Indonesia," katanya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA