Thursday, 06 Oct 2022
Temukan Kami di :
Opini

Kunci Wujudkan Rumah Tangga Bahagia hingga Akhir Hayat

Baharuddin Kamal - 21/09/2022 21:15 Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Semua orang yang telah menikah tentunya ingin memiliki rumah tangga bahagia. Kunci rumah tangga bahagia tentunya harus dilakukan oleh dua belah pihak. Baik Anda dan pasangan harus melihat masalah sebagai bumbu pernikahan yang bisa diselesaikan dengan solusi.

Setiap pasangan memiliki dinamika hubungan yang berbeda-beda. Permasalahan yang harus dihadapi dalam menciptakan rumah tangga bahagia pun tidaklah sama. Meskipun demikian, tidak ada salahnya mencoba tips yang telah banyak dijalani pasangan harmonis dan memiliki rumah tangga bahagia.

Kunci rumah tangga bahagia
Mewujudkan rumah tangga bahagia adalah tugas sepanjang hidup yang mungkin tidak mudah bagi sebagian pasangan. Berikut adalah cara mewujudkan kunci keluarga bahagia yang bisa diwujudkan.

1. Menjaga komunikasi
Komunikasi yang baik adalah fondasi penting dalam rumah tangga harmonis. Komunikasi bukan hanya tentang menyampaikan apa yang Anda inginkan, tapi juga mendengarkan apa yang pasangan Anda butuhkan. Jagalah komunikasi yang terbuka dengan pasangan Anda lewat obrolan-obrolan secara rutin. Bagikan pendapat dan perasaan Anda dalam obrolan ini supaya pasangan Anda bisa memahaminya.

2. Luangkan quality time dan me time
Romantisme merupakan faktor penting terciptanya rumah tangga bahagia. Carilah waktu luang untuk quality time bersama pasangan berdua saja. Kegiatan ini tidak hanya mampu melepas penat dari semua masalah rumah tangga, tapi juga akan memperkuat perasaan dan komitmen pada satu sama lain.

Selain itu, Anda dan pasangan juga berhak memiliki waktu untuk diri sendiri. Misalnya, menjalankan hobi atau bertemu teman-teman. Saat kembali bersama pasangan, Anda akan lebih menghargai satu sama lain.

3. Perbedaan pendapat bukan masalah
Perbedaan pendapat bukan hal yang tabu dalam rumah tangga bahagia. Yang penting Anda dan pasangan dapat saling mendengarkan dan memahami sudut pandang masing-masing. Saat merasa emosi, dinginkan kepala terlebih dahulu sebelum mendiskusikannya kembali.

Penelitian menunjukkan pasangan dalam rumah tangga bahagia tahu bagaimana bertengkar tanpa bermusuhan dan bertanggung jawab atas tindakan mereka. Mereka juga cenderung merespons dengan cepat keinginan pasangannya untuk berbaikan.

4. Belajar memaafkan
Anda dan pasangan pasti pernah berbuat kesalahan dan saling menyakiti. Namun, penting sekali untuk dapat saling memaafkan setelah masalah selesai dan melanjutkan hidup tanpa terus mengungkit masa lalu. Ini juga jadi rahasia keharmonisan rumah tangga yang bisa dicoba.

5. Ungkapkan rasa syukur
Sebagian orang mungkin merasa tidak perlu atau canggung untuk mengungkapkan pada pasangan betapa bersyukurnya Anda memilikinya.

Padahal, memberi tahu pasangan bahwa Anda sangat bersyukur atas keberadaannya dan berterima kasih untuk apa yang telah dilakukannya, akan dapat meningkatkan kebahagiaan satu sama lain.

6. Membuat komitmen jangan panjang
Rumah tangga bukanlah sekadar hitungan tahun. Anda dan pasangan harus membangun komitmen panjang seumur hidup untuk menjaga rumah tangga ini. Jadi, Anda harus mulai tanamkan komitmen tersebut di dalam diri. Selalu ikut sertakan pasangan dalam setiap keputusan merupakan salah satu bentuk komitmen jangka panjang.

7. Tidak membawa masalah ke dalam rumah
Anda mungkin mendapatkan masalah dalam pekerjaan. Begitu pun pasangan Anda. Saat itu masalah kantor, biarkan masalah itu tetap berada di kantor. Jangan sekalipun membawa masalah ke dalam rumah sehingga memicu konflik baru.

Namun, bukan berarti Anda tidak bisa bercerita kepada pasangan. Membagi cerita kepada pasangan tentunya bisa membuat Anda lebih lega. Dengan begitu, Anda bisa lebih siap untuk menyelesaikan masalah saat kembali ke kantor.

8. Jalin hubungan baik dengan keluarga pasangan
Setelah menikah, keluarga pasangan akan menjadi keluarga Anda juga. Sudah barang tentu, Anda perlu menjalin hubungan baik dengan mereka. Sebisa mungkin kenal nama supaya tidak salah saat bertemu mereka.

Anda boleh bertanya kepada pasangan tentang seluruh keluarga besarnya. Mungkin ini bisa jadi topik obrolan menarik saat berdua. Bertanya tentang keluarga pasangan juga tanda Anda peduli dengannya.

9. Menjalankan pola hidup sehat
Mens sana in corpore sano atau di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Hidup sehat akan membawa Anda lebih ceria dan mudah berpikir secara lebih bijak. Dengan begitu, Anda pun akan bisa menciptakan keluarga yang bahagia.

Anda bisa mulai dengan mengonsumsi makanan sehat, rutin berolahraga, serta mendapatkan tidur yang cukup. Hal ini akan membuat tubuh tidak gampang sakit. Jadi, tidak ada salah satu anggota keluarga yang merasa dibebani.

10. Bersosialisasi dengan lingkungan
Sebagai makhluk sosial, Anda perlu bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Cobalah untuk menjalin hubungan baik dengan tetangga dekat rumah. Anda bisa mulai dengan bertukar makanan atau menawarkan bantuan saat tetangga membutuhkan. Keharmonisan keluarga juga bisa terpancar dari cara Anda memperlakukan orang-orang di sekitar.




Berita Lainnya

Mengapa Perlu Toleransi dalam Beragama?

04/10/2022 11:28 - Indah Pratiwi

Ironi Sepakbola Indonesia

03/10/2022 10:03 - Indah Pratiwi

Tidak Akan Pernah Lahir Lagi Seorang Jokowi

29/09/2022 20:50 - Indah Pratiwi

Makan Nasi Goreng, Setelah Letih Turun Gunung

23/09/2022 12:49 - Indah Pratiwi

Jokowi dan Partai

22/09/2022 08:35 - Indah Pratiwi

Pancasila Itu Ngajarin Banyak Hal…

19/09/2022 08:40 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA