Monday, 28 Nov 2022
Temukan Kami di :
Nasional

RUU Perlindungan Data Pribadi Resmi Jadi Undang-Undang

Lukman Salasi - 21/09/2022 11:26

BeritaCenter.COM - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI akhirnya resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) menjadi undang-undang. 

Pengesahan itu dilakukan dalam Rapat Paripurna Ke-5 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023 yang berlangsung di ruang rapat Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, hari ini, Selasa (20/9) kemarin. 

 "Kami akan menanyakan kepada setiap fraksi, apakah rancangan undang-undang tentang Perlindungan Data Pribadu dapat disetujui untuk menjadi undang-undang?" ujar Wakil Ketua DPR Lodewijk Freidrich Paulus selaku pimpinan rapat. Para peserta rapat pun menjawab setuju.

Sementara itu, Menteri Kominfo Johnny Plate menjelaskan dalam UU PDP berisi 16 bab dengan 76 pasal. Dia menjelaskan aturan ini akan menjadi era baru dalam tata kelola data pribadi di dalam negeri, khususnya di ranah digital. 

“Kehadiran negara dalam pelindungan data pribadi, khususnya di ranah digital," kata Johnny dalam Rapat Paripurna DPR, Selasa (20/9) kemarin. 

"Dari sisi hukum UU Pelindungan Data Pribadi dimaknai kehadiran payung hukum yang komprhensif yang berorientasi ke depan." 

Dia menjelaskan aturan ini menjadi kesempatan industri untuk menaikkan standarnya. Selain juga menjadi jawaban kebutuhan konsumen meningkatkan diri di kancah global.

"Dari aspek pengembangan UU PDP mengedepankan perspektif pelindungan data pribadi untuk pengembangan teknologi baru. Sehingga akan mendorong etika tanggung jawab menghormati hak asasi manusia," jelasnya.

 




Berita Lainnya

Semua Gubernur Wajib Umumkan UMP 2023 Hari Ini

28/11/2022 12:14 - Lukman Salasi

BNPB: Gempa Cianjur Bukan Bencana Nasional

28/11/2022 11:16 - Lukman Salasi
Kemukakan Pendapat


BOLA