Wednesday, 07 Dec 2022
Temukan Kami di :
Politik

Cak Imin soal Nomor Parpol Tak Usah Diganti: Usulan Ibu Mega Menarik, Kami Sepakat

Lukman Salasi - 20/09/2022 10:55

BeritaCenter.COM - Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimmin Iskandar menilai usulan Ketum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, soal nomor urut parpol untuk Pemilu 2024 nanti tidak perlu diubah adalah usulan menarik.

"Usulan menarik dan ini karena bendera kita juga masih nomor lama, tinggal pakai lagi sisa-sisa itu,” kata Cak Imin kepada wartawan di gedung DPR/MPR, Senin (19/9) kemarin. 

Cak Imin kemudian berharap Komisi Pemilihan Umum bisa mempertimbangkan usulan Megawati itu. Sementara itu, Wasekjen PKB Syaiful Huda juga sepakat.

"Kami sepakat dengan usulan beberapa pihak agar nomor urut partai politik dalam Pemilu 2024 tidak berubah sesuai dengan nomor urut pada Pemilu 2019 saja. Pun juga dengan pemilu-pemilu selanjutnya. Pengundian nomor urut hanya diperuntukkan bagi partai politik baru peserta Pemilu saja," ucap Huda.

Dia menjelaskan perubahan nomor urut parpol politik dalam setiap Pemilu membawa banyak dampak negatif. Terutama, menurut dia, pada tingginya biaya politik yang harus ditanggung, baik bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun partai politik itu sendiri.

"Dengan adanya perubahan nomor urut, maka di setiap pemilu parpol maupun KPU harus terus mengubah alat peraga kampanye baik berupa bendera, baliho, spanduk, hingga atribut lainnya. Selain itu juga harus ada biaya lagi dalam proses sosialisasinya," ujarnya.

"Jika tidak ada perubahan nomor urut, maka biaya sosialisasi maupun kebutuhan alat peraga kampanye baik yang ditanggung KPU dan Parpol bisa turun signifikan," tambahnya.

Ketua Komisi X DPR RI ini menilai pengundian nomor urut baiknya diperuntukkan bagi partai politik baru peserta pemilu saja. 

"Kami rasa tidak ada tercederai dengan model penetapan nomor urut seperti ini, mengingat kemanfaatan tetapnya nomor urut parpol jauh lebih besar dibandingkan jika harus berubah di setiap Pemilu," pungkasnya.





Berita Lainnya

Gunadi : Kenapa Saya Tidak Mau Memilih Anies?

07/12/2022 09:20 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA