Thursday, 09 Feb 2023
Temukan Kami di :
Bisnis

Pesan Para CEO ke Startup RI : Unicorn Bukan Tujuan Akhir, Kenali Apa Mau Pelanggan!

Aisyah Isyana - 02/09/2022 23:34

Beritacenter.COM - Gelaran NXC International Summit 2022 turut dihadiri banyak narasumber yang luar biasa. Tak hanya itu, sejumlah CEO dan Co-Founder perusahaan besar di Indonesia turut memberikan petuah ke startup dan investor yang hadir pada kesempatan itu.

Sebut salah satunya pesan dari CEO & Co-Founder Blibli, Kusumo Maranto, yang menyebut dirinya tak pernah mudah saat memulai dan mengembangkan suatu bisnis. Menurutnya, menjadi unicorn jangan dijadikan tujuan akhir sebuah startup, namun harus memiliki milestones yang harus dicapai.

"Jadi mudah-mudahan, unicorn bukan tujuan akhir kalian. Kunci utamanya ialah memiliki milestones dan harus dicapai," kata Kusumo, di Merusaka Hotel Nusa Dua, Kamis, (1/9/2022).

Selain itu, ada juga CEO Tiket.com, George Hendrata, memberi petuah agar sebuah startup dapat fokus lebih dulu terhadap orang-orangnya. Dimana yang dimaksud disini adalah sebagai orang adalah pelanggan.

"Anda harus mengetahui dengan baik bagaimana pelanggan tersebut. Mereka sendiri (pelanggan) mengetahui apa yang dibutuhkannya. Lalu ketika startup tahu yang dibutuhkan pasar, dan bisa mengatasinya, maka tujuan menjadi unicorn akan tercapai," ucap George.

Tak hanya dapat menjawa keinginan pasar, perusahaan rintisan juga harus dapat bersinergi. Pasalnya, dalam hal ini stake holder memiliki peran penting pada pertumbuhan startup.

Selanjutnya, Chief Operating Officer & Co-Founder Xendit, Tessa Wijaya, sepakat dengan apa yang dikatakan keduanya. Dia menambahkan, jika kita foklus pada produk yang dinginkan pelanggan, maka pertumbuhan startup akan semakin cepat.

"Oleh sebab itu, nilai Xendit ialah membuat apa yang diinginkan pelanggan. Jadi berusahalah untuk mendengarkan pelanggan Anda. Jangan terikat dengan produk. Jika anda menghiraukan pelanggan, kemudian suatu waktu anda berpikir memiliki ide yang bagus, tetapi malah mungkin pelanggan tidak menginginkan itu," kata Tessa.

Selain itu, dia juga berpesan kepada para investor, dimana dia menyebut Indonesia sebagai tempat yang memiliki peluang dan banyak inovasi. Dia juga menyebut Indonesia memiliki banyak anak muda yang sangat cerdas dan telah menghasilkan sejumlah produk yang brilian.

"Seperti mereka yang duduk di sini (NXC International Summit 2022)," terang Tessa.

Kegiatan NXC International 2022 menjadi acara startup untuk keempat kalinya. Acara ini digelar di Nusa Dua, Bali, selama tiga hari, yakni sejak tanggal 31 Agustus hingga 2 September mendatang.




Berita Lainnya

Waduh !! Microsoft Siap PHK 10 Ribu Karyawan

18/01/2023 07:49 - Rahman Hasibuan

McDonald's Umumkan Rencana PHK Karyawan

10/01/2023 00:11 - Aisyah Isyana
Kemukakan Pendapat


BOLA