Monday, 28 Nov 2022
Temukan Kami di :
Nasional

LPSK Sebut Istri Irjen Ferdy Sambo Tidak Kooperatif

Baharuddin Kamal - 11/08/2022 08:20 Irjen Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

Beritacenter.COM - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menyebutkan bahwa Putri Candrawathi kurang kooperatif dalam memberikan keterangan. Putri diketahui diperiksa LPSK terkait kematian Brigadir J.

"LPSK merasa, ya, memang kurang kooperatif ibu ini," kata Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo saat dihubungi di Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Hasto mengatakan, pihaknya telah 2 kali bertemu langsung dengan Putri untuk melakukan asesmen dan investigasi terkait kasus kematian Brigadir J. Namun, dari dua pertemuan itu, Putri tidak memberikan keterangan apapun. Terakhir, LPSK memeriksa Putri di kediaman pribadi di Jalan Saguling III, Duren Tiga, Jakarta Selatan, pada Selasa (9/8).

Hasto menegaskan, bila Putri tetap tidak kooperatif, maka besar kemungkinan pihaknya akan membatalkan permohonan perlindungan yang telah diajukan beberapa waktu lalu.

Hasto mengatakan, apabila nanti permohonan perlindungan yang diajukan ditolak LPSK dan sewaktu-waktu yang bersangkutan ingin kembali mengajukan permohonan perlindungan, hal tersebut masih memungkinkan dilakukan.

"Kalau misalnya suatu saat Ibu P (Putri Candrawathi) ini merasa masih memerlukan perlindungan, ya bisa ajukan lagi," ujar Hasto.

Sementara itu, Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi menyebut Putri malu bercerita. Namun tak ada penjelasan mengapa Putri malu memberikan keterangan ke LPSK.

"Ya memang yang terucap hanya itu, 'malu Mbak, malu'. Ya malunya kenapa kita nggak tahu," papar Edwin di kantornya, Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (10/8/2022).

Edwin mengatakan, berdasarkan tim psikiater LPSK, Putri membutuhkan pemulihan mental. Putri disebut perlu mendapatkan penanganan psikiater.

"Berdasarkan pengamatan psikiater kami, psikiater bilang memang Ibu P ini butuh pemulihan mental. Jadi maksud kami begini, terlepas Ibu P ini adalah pemohon perlindungan ke LPSK dan mungkin juga saksi dalam perkara pidana yang sedang diselidiki, tetapi Ibu P ini secara pribadi butuh penanganan dokter psikiater," ungkapnya.

Edwin menyebut LPSK menyudahi asesmen Putri Candrawathi. Menurutnya, keterangan yang diberikan istri Ferdy Sambo akan sama saja.

"Iya kita anggap selesai karena nggak bisa dilanjutkan, artinya juga menurut pandangan dari psikolog kami kalaupun dilakukan lagi, tidak akan banyak yang berubah," paparnya.

Hasil permohonan perlindungan Putri Candrawathi akan diputuskan Senin depan. "Yang dibutuhkan saat ini untuk Ibu P adalah berobat. Keputusannya (permohonan perlindungan) sepertinya Senin depanlah untuk kita bisa sampaikan," ungkapnya.




Berita Lainnya

Semua Gubernur Wajib Umumkan UMP 2023 Hari Ini

28/11/2022 12:14 - Lukman Salasi

BNPB: Gempa Cianjur Bukan Bencana Nasional

28/11/2022 11:16 - Lukman Salasi
Kemukakan Pendapat


BOLA