Thursday, 06 Oct 2022
Temukan Kami di :
Nasional

Mentan soal Gandum Mahal: Kita Makan Singkong Aja

Lukman Salasi - 10/08/2022 12:22

BeritaCenter.COM – Harga gandum saat ini sangat mahal akibat dampak dari perang Rusia dan Ukraina. Bahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan Indonesia impor gandum terus. Untuk itu, Mentan mengajak masyarakat makan singkong saja.

"Ada gandumnya tapi harga mahal banget. Kita impor terus nih. Kalau saya sih nggak setuju jelas. Kita apapun kita makan singkong saja, sorgum saja, dan makan saja sagu," kata Syahrul Yasin Limpo di Youtube Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementan, dilihat BeritaCenter, Rabu 10 Agustus 2022.

Syahrul mengatakan sebenarnya stok gandum ada, tetapi saat ini belum bisa keluar dari negara produksinya yang besar yakni Ukraina. Tak main-main jumlah gandum yang nggak bisa keluar sebanyak 180 juta ton.

"Hati-hati yang makan mie banyak dari gandum besok harga naik tiga kali lipat itu. Jadi mohon maaf saya bicara ekstrem saja," ucapnya.

Menurut Syahrul, tantangan berkaitan dengan mahalnya harga gandum diakui menjadi tantangan Kementerian Pertanian.

"Ya gitulah ini yg hadapi tantangan ini nggak kecil terutama di Kementan. Kita lawan yuk, kalau udah bicara gini capek saya," tutupnya.





Berita Lainnya

Geger !! Ular King Kobra Masuk Kepemukiman Warga

04/10/2022 21:48 - Rahman Hasibuan
Kemukakan Pendapat


BOLA