Thursday, 11 Aug 2022
Temukan Kami di :
News

Kemlu RI : 12 WNI Korban Online Scammer di Kamboja Bakal Dipulangkan Hari Ini

Aisyah Isyana - 05/08/2022 11:34

Beritacenter.COM - Kementerian Luar Negeri (Kemlu RI) menyebut ada sebanyak 129 WNI yang berhasil diselamatkan dari penyekapan perusahaan online scammer di Kamboja hingga saat ini. Dimana 12 WNI diantaranya disebut akan dipulangkan ke Indonesia hari ini.

"Sebagai hasil konkret, pada pagi hari ini akan dipulangkan 12 warga negara Indonesia yang jadi korban penipuan online scam, ini adalah tahap pertama sebagai hasil konkret pembahasan kemarin," kata Direktur Perlindungan WNI Kemlu RI, Judha Nugraha dalam konferensi pers virtual, Jumat (5/8/2022).

"Memang ada kendala yaitu keterbatasan flight yang sudah banyak yang sudah full booked, namun yang paling cepat yang bisa kita lakukan kepulangan hari ini ada 12 orang," sambungnya.

Judha menyebut, sebanyak 12 WNI yang dipulangkan di tahap awal hari ini merupakan merka yang masuk dalam kelompok rentan, terutama perempuan. Belasan WNI itu diperkirakan akan tiba di tanah air pada malam nanti.

"Nah pasca-ketibaan di Indonesia yang insyaallah akan tiba nanti malam, Kemlu telah melakukan koordinasi dengan kementerian/lembaga terkait utamanya untuk rehabilitasi dan reintegrasi korban agar dikerjasamakan dengan Kementerian Sosial. Jadi 12 orang tersebut akan diinapkan sementara waktu di rumah perlindungan," ujar Judha.

Pemulangan tahap selanjutnya terhadap WNI korban scammer di Kamboja itu akan dilakukan pada Sabtu dan Senin. "Nah, tahap selanjutnya kita akan lakukan insyaallah pada hari Sabtu dan juga Senin," imbuh Judha.

Sekedar diketahui, Judha Nugraha sebelumnya menyampaikan perkembangan informasi terkait WNI yang mengalami penyekapan di perusahaan online scammer di Sihanoukville, Kamboja. Sejauh ini, total ada 129 WNI yang diselamatkan dari penyekapan tersebut.

"Mungkin teman-teman bisa ikuti sejak awal kasus yang kita tangani di awal pada minggu lalu ada 53, kemudian naik jadi 60, 68, 70, dan terakhir sekarang menjadi 129. Jadi ada 129 WNI yang telah dapat kita selamatkan dan saat ini dalam penjagaan dari KBRI, kita telah siapkan akomodasi untuk 129 tersebut," kata Judha dalam konferensi pers virtual, Jumat (5/8).




Berita Lainnya

Bahaya! Stop Isi Bensin Eceran di Jalanan

11/08/2022 09:59 - Lukman Salasi
Kemukakan Pendapat


BOLA