Wednesday, 10 Aug 2022
Temukan Kami di :
Internasional

Jepang Ajukan Protes soal 5 Rudal Balistik China yang Mendarat di ZEE Mereka

Aisyah Isyana - 05/08/2022 07:45

Beritacenter.COM - Jepang menyebut rudal balistik yang diluncurkan China telah mendarat di zona ekonomi ekslusif (ZEE) mereka. Dari sembilan rudal balistik yang diluncurkan China, disebut Jepang lima diantaranya mendarat di ZEE mereka.

"Lima dari sembilan rudal balistik yang diluncurkan oleh China diyakini telah mendarat di ZEE Jepang," kata Menteri Pertahanan Nobuo Kishi kepada wartawan saat China mengadakan latihan militer besar-besaran di perairan sekitar Taiwan seperti dilansir AFP, Kamis (4/8/2022).

Atas adanya hal itu, Jepang disebut telah mengajukan protes terhadap China melalui saluran diplomatik. Peristiwa ini disebut Kishi sebagai masalah serius yang mempengaruhi keamanan nasional dan keamanan warga Jaepang.

Kishi menyebut insiden rudal balistik China mendarat di zona ekonomi eksklusif (ZEE) ini merupakan yang pertama kali terjadi. Dimana bagian dari wilayah puklau paling selatan Jepang Okinawa, berdekatan dengan Taiwan.

ZEE Jepang membentang hingga 200 mil laut dari garis pantai Jepang, luar batas perairan teritorialnya. Kishi menyebut jumlah 9 rudal yang disebut ditembakkan China merupakan penilaian pihaknya.

Sekedar diketahui, China melakukan latihan militer terbesar mereka di sekitar Taiwan, yang mana dianggap mereka sebagai wilayah mereka, dan berjanji akan merebutnya suatu hari nanti, bahkan dengan kekerasan jika perlu.

Pamer kekuatan militer itu disebut dipicu atas kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu, meskipun sempat disebut ada peringatan keras dari Bejing.

Latihan militer itu dilakukan China sekitar pukul 12.00 siang waktu setempat. Dimana latihan militer itu turut melibatkan serangan senjata rudal konvensional di perairan di sebelah timur Taiwan.




Berita Lainnya

Polisi Berhasil Tangkap Pembunuh 4 Pria Muslim di AS

10/08/2022 08:40 - Baharuddin Kamal

Desainer Issey Miyake Asal Jepang Tutup Usia

09/08/2022 22:20 - Aisyah Isyana

Banyak Orang Malaysia Yang Kagumi Jokowi

08/08/2022 18:48 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA