Thursday, 11 Aug 2022
Temukan Kami di :
News

Kepala Sekolah di Jaksel Ungkap Alasan Guru Tegur Siswi Tak Berjilbab

Baharuddin Kamal - 03/08/2022 20:17 SMPN 46 Jakarta Selatan.

Beritacenter.COM - Seorang siswi di SMPN 46 Jakarta Selatan (Jaksel) mengaku ditegur oleh kedua gurunya lantaran tak menggunakan jilbab. Kini kedua guru tersebut telah diberikan pembinaan.

"Sanksi nggak ya, tetapi pembinaan. Saya lakukan pembinaan, langsung saya undang juga unsur dari Dinas," ucap Kepala SMPN 46 Jaksel Endin Haenudin saat ditemui di SMPN 46 Jaksel, Rabu (3/8/2022).

Dia menilai, kedua guru tersebut hanya mengingatkan R untuk memakai jilbab. Endin mengatakan, keduanya belum melakukan pelanggaran yang bersifat verbal maupun fisik terhadap siswi yang ditegur itu.

"Karena belum mengarah kepada sebuah pelanggaran yang bersifat verbal maupun fisik bersifat mengingatkan," kata Endin.

Endin kemudian mengungkapkan alasan kedua guru tersebut mengingatkan R untuk menggunakan jilbab. Menurutnya, teguran guru tersebut adalah kewajiban mengingatkan bagi sesama muslim.

"Ya karena mengingatkan sesama muslim, 'Kamu muslim? Kok belum pakai kerudung?'. Kenapa guru mempertanyakan itu karena ada tanggung jawab moril," jelas Endin.

Dia menyebutkan, tidak ada niatan perundungan terhadap siswi yang tidak menggunakan jilbab. "Proses menanya itulah yang tidak siap oleh yang bersangkutan. Tidak ada bully atau mempermalukan atau mempermainkan, karena sedang proses pembelajaran," katanya.

Dia menyebut kedua guru yang disebut sempat menegur siswi tersebut juga sudah diklarifikasi. Dia mengatakan persoalan itu sudah selesai dan dikomunikasikan ke kakak siswi yang sempat ditegur.

Endin berkata tidak ada aturan mengenai kewajiban menggunakan jilbab bagi siswi muslim di SMPN 46 Jaksel. Pemakaian jilbab dikembalikan kepada setiap siswi.

"Pemakaian kerudung di sekolah tidak diwajibkan. Jadi pemakaian kerudung individu yang mau," pungkasnya.




Berita Lainnya

Bahaya! Stop Isi Bensin Eceran di Jalanan

11/08/2022 09:59 - Lukman Salasi
Kemukakan Pendapat


BOLA