Wednesday, 10 Aug 2022
Temukan Kami di :
Internasional

Aksi Demo Protes Anti-PBB di Kongo Memakan Korban, 36 Orang Dilaporkan Tewas

Aisyah Isyana - 03/08/2022 08:22

Beritacenter.COM - Republik Demokratik Kongo menyebut sediktnya ada 36 orang termasuk empat penjaga perdamaian PBB, tewas dalam aksi protes anti-PBB di negara itu pekan lalu. Tak hanya korban tewas, sebanyak 170 orang lainnya dilaporkan luka-luka.

"Korban terbaru menandai peningkatan pada angka yang dilaporkan sebelumnya 19 orang tewas selama protes," kata juru bicara pemerintah Kongo, Patrick Muyaya, seperti dilansir dari AFP, Rabu (3/8/2022).

Aksi demonntrasi berujung jatuhnya korban itu dilakukan guna mendesak kepergian misi penjaga perdamaian PBB yang dikenal sebagai MONUSCO dibeberapa kota di Kongo timur.

Penolakan dan kemarahan demonstran itu dipicu oleh persepsi bahwa MONUSCO telah gagal dalam menghentikan konflik bersenjata selama beberapa dekade di negara itu. Ada lebih dari 120 milisi bermasalah yang beroperasi di timur Kongo.

Sebanyak tiga orang tewas usai penjaga perdamaian PBB melepaskan tembakan, Minggu (31/7), selama insiden di Kongo timur dan perbatasan Uganda. Korban tewas yang sebelumnya berjumlah dua orang meningkat menjadi tiga orang.

Terjadinya insiden itu turut dikecam Sekjen PBB Antonio Guterres, yang menyesalkan jatuhnya korban. Dia turut menuntut pertanggung jawaban atas terjadinya insiden tersebut.

Presiden Kongo Felix Tshisekedi menyatakan kepada Guterres prihal ketidaksetujuannya atas perilaku penjaga perdamaian di pos perbatasan. Dia juga mendesak agar para pelaku ditangkap dan dihukum berat.




Berita Lainnya

Polisi Berhasil Tangkap Pembunuh 4 Pria Muslim di AS

10/08/2022 08:40 - Baharuddin Kamal

Desainer Issey Miyake Asal Jepang Tutup Usia

09/08/2022 22:20 - Aisyah Isyana

Banyak Orang Malaysia Yang Kagumi Jokowi

08/08/2022 18:48 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA