Tuesday, 30 May 2023
Temukan Kami di :
Teknologi

Zuckerberg : Meta dan Apple Berkompetisi dalam Ide dan Filosofi di Metaverse

Aisyah Isyana - 29/07/2022 01:22

Beritacenter.COM - CEO Meta, Mark Zuckerberg, meyakini jika Apple dan perusahaannya saat ini tengah berkompetisi untuk membangun meteaverse. Zuck menilai, persaingan itu terjadi di level paling dalam, yakni dalam hal filosofi.

Adapun hal itu diungkapkan Zuck dihadapan para pegawainya pada awal Juli lalu. Dimana kala itu dia menjelaskan bagiaman Meta dan Apple tengah berkompetisi untuk menentukan arah pengembangan internet di masa depan nanti.

Zuck menyebut Meta akan mengambil langkah yang berbeda dengan Apple, yakni dengan memposisikan diri lebih terbuka dengan harga perangkat yang lebih murah, seperti dikuti dari The Verge, Kamis (28/7/2022).

"Ini adalah kompetisi di ranah filosofi dan ide, di mana mereka percaya dengan melakukan semuanya sendiri dan integrasi yang ketat akan memberikan pengalaman lebih baik ke konsumen," jelas Zuck dalam rapat internal tersebut.

"Dan kita percaya kalau banyak hal yang harus dilakukan dengan spesialisasi antara perusahaan berbeda, dan itu akan membuat ekosistem yang tercipta bisa lebih besar," sambungnya.

Mark Zuckerberg memang terus menggeber-geberkan konsep metaverse, sejak mengubah nama perusahaan Facebook menjadi Meta. Dimana dia terus membayangkan terhadap apa yang menjadi pengembangan tahap selanjutnya dari komputasi, setelah ponsel pintar.

Sebelumnya, Meta sendiri telah ikut andil dalam membuat Metaverse Open Standars Group, bersama Microsoft, Epic Games dan lainnya. Hal itu bertujuan guna membuat protokol terbuka, dimana orang-orang dapat dengan mudah menikmati dunia metaverse yang imersif.

Sementara Apple, jelas mereka tak ikut bergabung dalam grup itu, dan Zuck sendiri mengaku tak kaget dengan hal itu. Zuck menilai, langkah Apple yang dapat membuat semuanya sendiri hanya akan berhasil di iPhone, namun tidak untuk metaverse, yang mana belum diketahui apakah ekosistem tertutup atau terbuka yang akan lebih baik kedepannya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA