Wednesday, 10 Aug 2022
Temukan Kami di :
Nasional

Jokowi Ungkap Arti Penting Kunjungannya ke Ukraina

Lukman Salasi - 30/06/2022 12:57

BeritaCenterCOM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Ukraina dan telah bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, Rabu 29 Juni kemarin.

Presiden Jokowi mengungkap arti penting kunjungannya ke Ukraina. Jokowi mengatakan kedatangannya merupakan wujud kepedulian Indonesia kepada Ukraina.

"Jauh-jauh datang ke Ukraina dan menemui Presiden Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, saya tidaklah sekadar berkunjung. Kedatangan saya adalah perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap situasi di Ukraina," tulis Jokowi melalui Instagramnya, Kamis 30 Juni 2022.

Jokowi juga mengaku menawarkan diri membawa pesan dari Zelenskyy ke Presiden Rusia Vladimir Putin. Jokowi meminta agar perdamaian tidak pernah luntur.

"Spirit perdamaian jangan pernah luntur. Dalam kaitan ini, saya datang menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi pula," tuturnya.

Selain itu, Jokowi menegaskan Ukraina sangat penting bagi rantai pasok pangan dunia. Karena itu, menurutnya, penting untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina.

"Dan Ukraina begitu penting bagi rantai pasok pangan dunia. Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut," papar Jokowi.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA