Monday, 28 Nov 2022
Temukan Kami di :

Mencekam Bak Neraka, Rusia Gempur Habis Wilayah Severdonetsk Ukraina

Aisyah Isyana - 22/06/2022 20:54

Beritacenter.COM - Peperangan antar Rusia dan Ukraina dilaporkan kian memanas di kota industri Severodonetsk, Ukraina Timur. Situasi di wilayah itu kian mencekam hingga disebut seperti neraka, usai militer Rusia terus bergerak dan menyerang guna menguasai kota itu.

"Selama 4 bulan, semua posisi kami telah diserang dari mana saja - dan saya hanya ingin menekankan ini - dari semua senjata yang dimiliki tentara Rusia," ujar Gubernur wilayah Luhansk, Sergiy Gaiday dalam pernyataan di media sosial, seperti dilansir dari kantor berita AFP, Rabu (22/6/2022).

Gaiday menyebut kota Saverodonetsk telah hancur lebur digempur pasukan Rusia selama berminggu-minggu. Ditengah upaya pihaknya mempertahan kendali atas kota itu, Gaiday menyebut kondisi di lokasi benar-benar seperti neraka.

"Benar-benar neraka di sana. Orang-orang kita sedang mempertahankan posisi mereka dan akan terus bertahan selama diperlukan," imbuhnya.

Serangan demi serangan gencar dilakukan pasukan Rusia di selatan Saverodonetsk dalam beberapa hari terakhir. Rusia mulai bergerak lebih dekat ke kota Lysychansk yang hanya terpisahkan oleh sungai Donets.

Meski pasukan Rusia terus-terusan melancarkan serangannya, Gaiday memastikan jika kota Lysychansk masih dikuasai pasukan Ukraina.

"Lysychansk sedang digempur dengan senjata kaliber berat," ujarnya seraya menyebut tentang terjadinya "kerusakan kolosal."

Selain itu, Gaiday menyebut sudah tak terhitung banyaknya orang yang dievakuasi dari Lysychanks imbas dari serangan itu. "Kami perlahan-lahan mengeluarkan orang-orang." ujarnya

Hanya saja, ratusan warga sipil yang tengah mencari perlindungan di pabrik kimia Azot, masih tak dapat pergi lantaran skala pertempuran yang kian ganas dan berbahaya.

"Evakuasi dimungkinkan jika ada kesepakatan di tingkat tertinggi, jika ada gencatan senjata dan rute yang jelas," kata Gaiday.




Berita Lainnya

BNPB : Ada 650 Ibu Hamil Jadi Korban Gempa Cianjur

25/11/2022 20:40 - Baharuddin Kamal

Kecelakaan Maut Tewaskan 2 Orang di Tol JOOR

26/09/2022 14:18 - Anas Baidowi
Kemukakan Pendapat


BOLA